Breaking

Post Top Ad

10/29/2022

Pelebaran Jalan Manyar. Tahap Awal 22 Kios Di Bongkar, Tanpa Perlawanan

Gresik, pojokpudak.com


Sebanyak 22 kios milik pedagang di sepanjang Jalan Raya Manyar, Gresik mulai dibongkar hari ini, Jum'at (28/10/2022). Pembongkaran kios ini merupakan tahap awal, sebelum dilaksanakannya proyek pelebaran jalan Manyar.


Sekitar pukul 07.30, proses pembongkaran dimulai dengan menggunakan alat berat (beko) dengan dibantu pemilik kios. Tampak anggota TNI-Polri, Satpol-PP, Dishub dan URC Bina Marga juga berada di lokasi untuk mengawal jalannya pembongkaran.


Seperti diberitakan, Camat Manyar, Zainul Arifin, mengatakan bahwa pembongkaran kios pedagang ini merupakan pembongkaran tahap awal. Jumlahnya ada 22 kios.


"Pembongkaran ini adalah tahap awal. Setelah pembangunan lahan relokasi selesai, maka secepatnya akan dilanjutkan tahap berikutnya," kata Zainul Arifin.


Zainul juga menjelaskan, bahwa pembongkaran tahap satu ini sudah melalui sosialisasi serta ada penandatanganan surat pernyataan pengosongan kios.


“Kita sudah melakukan komunikasi sebelumnya dengan pihak-pihak terkait. Dan juga dilakukan penandatanganan surat pernyataan pengosongan kios," ujarnya.


Sementara itu, Asisten I Setda Gresik Suyono saat berada di lokasi berharap agar pelaksanaan pembongkaran berjalan aman dan kondusif. 


"Semoga selama proses pembongkaran berlangsung, tidak ada kendala dan berjalan lancar serta kondusif. Sebab ini demi kepentingan masyarakat dan mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi. Dan dengan adanya relokasi kios ini, jalan raya Manyar segera dilakukan pelebaran," pungkasnya.


Sebagaimana diketahui bahwa secara teknis pengosongan lahan kios di sepanjang Jalan Raya Manyar ada dua pilihan. Pertama kalau bersedia direlokasi pedagang disediakan lahan relokasi. Dan kedua, jika tidak mau direlokasi ke lahan yang disediakan bisa mencari tempat sendiri.


Kalau pedagang bersedia direlokasi di tempat yang disediakan akan mendapatkan ongkos boyong Rp2 juta. Kalau pedagang mencari lokasi sendiri diberi Rp7,5 juta. (Iis/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads