Breaking

Post Top Ad

7/26/2023

Sedekah Bumi Dusun Sawen Berlangsung Meriah Gelar Pengajian dan Ludruk

Gresik, pojokpudak.com


Meriahkan Tradisi Sedekah Bumi  Dusun Sawen Desa Tanjung , Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Kegiatan sedekah bumi di laksanakan di Balai Dusun Sawen Rabu (26/7/2023).


Sedekah Bumi adalah warisan leluhur yang selalu dijaga oleh warga masyarakat Dusun Sawen dengan penuh kebanggaan, sebagai wujud rasa hormat kepada alam dan sebagai bentuk tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan. Dengan bergandengan tangan, warga masyarakat Dusun Sawen melaksanakan tradisi sedekah bumi setiap tahun sebagai wujud cinta dan rasa kebersamaan dalam menjaga keseimbangan alam.


Kegiatan sedekah bumi, di Dusun Sawen digelar selama dua hari, Dua malam, Yaitu pada hari rabu dengan mengelar berbagai kegiatan yang diawali dengan, Pengajian Istighotsah dan doa bersama, Oleh, KH, Dr. H. Mohammad Qosim, M.Si. dari Gresik.


Kemudian pada hari Kamis siang ratusan warga Dusun Sawen berbondong-bondong, datang sambil membawa tumpeng dan juga berbagai makanan lainnya, semua sajian makanan dikumpulkan di Balai Dusun Sawen, kemudian dilanjutkan pada malam harinya Gebyar hiburan kesenian Ludruk Budhi Wijaya.


Acara sedekah bumi di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Tanjung, Dwi Kora Suharianto, SH, Kepala Dusun (Kasun) Sawen, Bagus berserta Ketua panitia sedekah bumi Sutikno, berserta seluruh Anggota panitia sedekah bumi, RT/RW,  Karang Taruna, Karya Bhakti berserta tokoh masyarakat tokoh agama, dan seluruh warga masyarakat.


Dalam sambutannya, Kasun Sawen Bagus Mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Dusun Sawan atas dukungannya dan sumbangsihnya, Dengan terselenggaranya kegiatan sedekah bumi ini, ini merupakan salah satu cara meng uri-uri atau melestarikan tradisi budaya leluhur dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan selama ini kepada seluruh warga masyarakat Dusun Sawen ini.


Dengan diadakan kegiatan sedekah bumi ini semoga warga Dusun Sawen Desa Tanjung selalu diberikan keberkahan, kesehatan, keselamatan, kemakmuran dijauhkan marabahaya dan dijadikan Dusun Sawen Desa Tanjung ini, yang adem ayem tentrem, guyub rukun damai dan sentosa. Tuturnya.


Ditempat yang sama Ketua panitia sedekah bumi Sutikno mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, Dusun Sawen dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, Warga Dusun Sawen kelihatan kompak guyub rukun dan sangat antusias sekali.


Ketua panitia sedekah bumi, Juga mengucapkan mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat, Dusun Sawen apabila dalam kegiatan sedekah bumi ini, ada kekurangan dan juga ada kesalahan sekali lagi saya pribadi berserta panitia yang lainnya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh warga masyarakat, Pungkasnya (Ura Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads