Breaking

Post Top Ad


9/23/2018

Festifal Layang-layang," Lestarikan Budaya Leluhur"

Gresik, pojokpudak.com


Pagelaran lomba layang layang ini kali adalah bentuk cinta budaya warga  dengan berbagai bentuk ide kreasi seni, warna, corak dan ukuran.


Lomba layang layang ini diprakarsai oleh Pemerintahan Desa Dohoagung Kecamatan Balongpanggang, Gresik Bekerjasama dengan Persewaan  Akhas Jaya. Sabtu (22/9/2018) Siang.


Demi ramainya pelaksanaan lomba panitia menempatkan lokasi atau area lomba di salah satu Waduk yang sudah tidak ada airnya lagi.

Disitu nampak keramaian pengunjung yang kian memadati baik para peserta lomba, warga pengunjung dan disitu pula terlihat pula pengunjung dari luar daerah Tuban, Surabaya, Sidoarjo, Madura dan banyak daerah.

Perlombaan yang diselenggarakan dua hari itu dihadiri oleh Kepala Desa Dohoagung H. Warsito, Ketua Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) Gresik Novan, Sekretaris Kecamatan H. Sayib.


Achmad Khoirul Anam selaku ketua panitia menerangkan bahwa “perlombaan ini adalah sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang Esa dan melestarikan budaya leluhur, dan mengangkat Desa Dohoagung serta meningkatkan gotong royong dan perekonomian.” Jelasnya.

Dan yang perlu diketahui, perlombaan ini sudah yang kedua kalinya, maka tidak heran peserta banyak yang datang dari luar daerah Gresik.


Dan dalam perlombaan tersebut ada beberapa Kategori tradisional, sambitan (jenior dan senior), kreasi dua dimemai dan tiga dimensi. Katanya.


Ditempat yang sama Ketua LPB Novan menambahkan," Acara rutinan festifal layang-layang yang diselenggarakan oleh warga Desa Dohoagung, merupakan acara rutinan setiap tahun, layang-layang adalah bentuk permainan anak-anak yang hampir punah, nah disinilah warga Desa Dohoagung Kecamatan Balongpanggang yang tidak ingin kehilangan momen permainan anak-anak tempo dulu.

Jujur saja saya merasa trenyuh karena di zaman kemajuan seperti ini, ternyata masih ada warga yang masih peduli untuk nguri-nguri tradisi layang-layang yang sudah langka ini, untuk itu saya mengapresiasi penuh atas acara itu.


Semoga akan menjadikan contoh bagi desa-desa lain, khususnya di Kabupaten / Kota tercinta ini dan umumnya desa se Indonesia.
Bravo untukmu warga Desa Dohoagung dan tetaplah bersemangat.


Sementara itu Warsito menambahkan," Dengan adanya kegiatan ini, kedepannya kami berharap agar nantinya sampai ketingkat Provinsi atau Nasional, sebab pengunjungnya sudah banyak, bahkan pesertanha yang datang dari beberapa daerah. (Ura/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads