Breaking

Post Top Ad

11/11/2019

Kendalikan Hama Tikus Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, Serda Dwi, Kades Bersama Petani Mojogede Lakukan Gropyokan

Gresik, pojokpudak.com

Anggota Koramil 0817/09 Balongpanggang Serda Dwi bersama warga Desa Mojogede melakukan gropyok tikus di sawah milik petani, di Desa Mojogede Kecamatan Balongoanggang Kabupaten Gresik. Senin (11/11/2019) Malam.



Serda Dwi, Kepala Desa Mojogede Ngadiono bersama petani langsung terjun ke sawah untuk mengendalikan populasi hama tikus agar tidak berkembang biak.


Sebab, tikus mampu merusak padi yang sedang tumbuh di areal persawahan.


"Pada masa tanam seperti ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus.


Babinsa memang harus tanggap, terhadap situasi yang ada agar petani tidak gagal panen, dimana wilayah binaannya, merupakan hama tikus", ungkap Serda Dwi.


Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani.


"Dengan kerja sama dan komunikasi yang intens, semoga dapat menjadikan suntikan semangat bagi para petani, demi meningkatkan kuantitas dan mutu hasil panen padi di wilayah Kecamatan Balongpanggang", terangnya.


Sementara itu Kepala Desa Mojogede Ngadiono yang turut kegiatan gropyokan tersebut mengungkapkan, kegiatan seperti ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan tikus sawah.


"Kami bekerjasama dengan Koramil 0817/09 Balongpanggang dan para petani melakukan gropyok tikus. Diharapkan, apa yang kami lakukan ini dapat mengurangi hama tikus sawah, dan juga menjadikan areal sawah padi ini mampu menghasilkan panen padi yang maksimal", katanya.


Dengan adanya Gropyokan tersebut, petani mendapatkan tikus 500 ekor.


Kedepan, kami berharap kepada pemerintah atau dinas terkait kami berharap kepada untuk membantu menanggulangi hama tikus, salah satunya memberikan bantuan berupa," Racun Tikus " dan " Burung Dares atau Burung Hantu ", Tambahnya.



Sementara ditempat terpisah Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori menuturkan," Terus terang ,mengaku gembira melihat warga Desa Mojogede yang ikut bergotong royong untuk memberantas hama tikus.


Menurutnya, sifat gotong royong memang harus terus dipelihara dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif.


“Dengan gotong royong kita juga akan dengan mudah menyamakan persepsi, dalam rangka membangun daerah,” ujarnya.


Menurutnya, gropyokan ini sebagai langkah nyata untuk menanggulangi hama tikus yang mewabah di Kecamatan Balongpanggang Dikatakannya.


“Kalau ini dibiarkan petani akan rugi. Warga cukup antusias untuk membasmi tikus supaya hasil panen melimpah,” ucapnya.

Ia pun berharap, gropyokan ini dapat mengurangi peredaran tikus, dan dapat meningkatkan hasil pertanian. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads