Breaking

Post Top Ad

5/20/2021

Jusuf Ansyori : Sukseskan SDGs Pemdes Brangkal Butuh Peran Pemuda

Gresik, pojokpudak.com


Dalam mensukseskan program Kemendes, Pemerintah Desa Brangkal mengelar Bimbingan Teknis (Bintek) tim relawan pendataan Sustainable Development Goal's (SDGs), di Balai Desa Brangkal Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Kamis (20/5/2021) Siang 

Hadir dalam Bimtek tersebut diantaranya Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, Kepala Desa Brangkal Dodik Setiawan, Pendamping Desa Kecamatan Balongpanggang Atok Maulana, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tim pendata SDGs desa setempat.

Dalam sambutannya Kades Brangkal Dodik Setiawan menuturkan," Perlu diketahui bahwa program SDGs ini hukumnya wajib, sebab program tersebut program Kemendes,"

Lebih jauh ia menjelaskan," Ini sebagai upaya untuk mengenali diri dan masyarakat,"

Mungkin dalam pelaksanaan, tim khususnya oleh pemuda yang berada di Desa Brangkal.

Perlu diketahui dan dipahami oleh tim SDGs, agar nantinya bisa bekerja semaksimal mungkin, sebab mengingat akhir bulan mei harus sudah selesai. Kalau kita tidak mengerjakan ini, kedepan Dana Desa tidak akan cair. Ujarnya.

Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori menuturkan," Dalam pelaksanaan pendataan SDGs perlu ada peran serta anak muda atau kaum millenial sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam proses pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal's (SDGs).

“Program SDGs yang sedang digencarkan pemerintah saat ini membutuhkan peran dari generasi millenial dan anak-anak muda. Mereka inilah yang nantinya akan menjadi motor penggerak dari program pembangunan berkelanjutan itu,” 

Lebih jauh Jusuf Ansyori menerangkan, Sebab program SDGs tersebut mempunyai beberapa tujuan di antaranya tanpa kemiskinan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, penanganan perubahan iklim, kemitraan untuk mencapai tujuan dan banyak lainnya.

Ingat dimana pemuda tersebut mereka memiliki kecepatan, ketangguhan, kecerdasan, serta jejaring untuk inovasi berbasis teknologi sehingga memudahkan dalam bekerja.

Program SDGs ini masih baru, saya minta desa merubah APBDes melalui Musyawarah Desa (Musdes). Terangnya.

Perlu diketahui dalam Bimtek tersebut, semua tim pendata SDGs juga diajarkan cara memasukkan data secara Android, yang di pandu langsung oleh Pendamping Desa Kecamatan Balongpanggang Atok Maulana. Tambah Jusuf Ansyori. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads