Breaking

Post Top Ad

8/24/2021

Suroto Seorang Penjahit Banting Setir Budidaya Kroto Meraup Rupiah

Gresik, pojokpudak.com


Pernah hidup pada masa sulit dimasa pandemi, sebagai seorang penjahit  tidak membuat langkah pria Suroto (51) warga RT 2 RW 1 Dusun Babatan Desa Babatan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik tidak berhenti untuk mencari nafkah bagi keluarganya.


Dengan adanya pandemi ini, yang semula saya menjadi penjahit namun sekarang banting setir menjadi budidaya kroto.


Alhasil, kini dia sukses menjalankan bisnis yang terbilang unik dan masih jarang digeluti oleh orang lain yaitu budidaya kroto.


Bagi Suroto kroto sendiri merupakan telur semut jenis rangrang yang banyak digunakan masyarakat sebagai pakan burung kicau atau sebagai umpan untuk memancing ikan.


Sebelum terjun dalam bisnis budidaya kroto, Suroto  pernah beberapa kali berganti profesi, mulai dari Penjahit, peternak burung dan membuat bongsai. 


Awal ketertarikannya pada budidaya kroto karena hobi burung. Pada saat itu kroto masih sulit didapatkan sehingga dia berpikir bagaimana membudidayakan kroto sendiri.


Untuk mulai budidaya ini Suroto setidaknya melakukan percobaan dan penelitian sebelum akhirnya berhasil. Itu saya lakukan secara otodidak.


Melihat perkembangan yang positif, Suroto berencana akan menambah rak kroto dan fokus pada budidaya kroto.


Cara berbudidaya kroto ini pun terbilang tidak mudah. Suroto mengungkapkan bahwa butuh kesabaran dan ketelatenan dalam berbudidaya kroto ini. Meski demikian, media yang digunakan cukup mudah didapatkan yaitu botol air mineral.


Adapun harga kroto kotor 1kg dipatok harga 250ribu dan kotor yang super (kristal) dipatok harga 400ribu. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads