Breaking

Post Top Ad

9/03/2021

Panen Raya Kangkung Gapoktan Tani Harapan Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi

Mojokerto, pojokpudak.com


Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Teguh Gunarko Kepala Dinas Pertanian, meninjau langsung panen raya kangkung Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi, Jumat (3/9/2021) pagi. Kangkung hasil kerja petani Gapoktan Tani Harapan ini, dipanen sebagai sayuran hijau dan bijinya dijadikan bahan kosmetik.


Meski cukup menguntungkan, Gapoktan Tani Harapan mengaku menemui beberapa kendala. Antara lain musim kemarau yang cukup menyulitkan pertanian, ditambah kerusakan DAM Karet Menturus yang menjadi salah satu sumber irigasi pertanian wilayah Kemlagi dan Jetis. Kendala ini telah mendapat perhatian bupati secara khusus, yang meninjau langsung lokasi DAM di hari yang sama.  


“Pemerintah sudah mengupayakan (perbaikan DAM Karet Menturus). Hal tersebut segera ditindaklanjuti oleh BBWS Pusat, dengan anggaran tahun 2021. Kita juga cek lokasinya hari ini. Semoga segera beroperasi dengan normal dan bisa mengairi sawah dengan lancar,” kata Bupati Ikfina.


Hal ini ditegaskan juga oleh Teguh Gunarko Kadis Pertanian, yang sudah merinci angka lahan pertanian yang harus dialiri secara maksimal. “Luas pertanian di Kemlagi dan Jetis kurang lebih 900 ha. Terkait irigasi, pasti kita upayakan cari solusi. Harapan kita, petani bisa panen lebih baik, daya beli masyarakat meningkat dan pertumbuhan ekonomi naik,” terang Teguh Gunarko.


Selain kendala pengairan pertanian, perbaikan insfrastruktur jalan dari permukiman ke lokasi pertanian juga menjadi harapan yang diinginkan. Permintaan ini kemudian masuk dalam catatan bupati, untuk nantinya dapat diputuskan solusi penanganannya ke depan.


“Terkait Infrastruktur jalan sebagai satu faktor pendukung, akan diupayakan. Itupun harapan kita nantinya tidak hanya untuk dilewati oleh kendaraan petani saja. Tapi juga untuk kendaraan besar yang mengangkut hasil pertanian dalam jumlah lebih besar,” tambah Bupati.


Bupati Ikfina menambahkan, untuk terus mendukung para petani Kabupaten Mojokerto sebagai penyokong perekonomian dan ketahanan pangan.


“Bangsa ini menaruh harapan besar pada petani, sebagai salah satu penyokong perekonomian dan untuk ketahanan pangan. Pada pandemi Covid-19, semua sektor menurun kecuali pertanian. Kita akan mengupayakan pertanian di Kabupaten Mojokerto, bisa terus berjaya,” tandas bupati. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads