Breaking

Post Top Ad

9/09/2021

Vaksinasi 80 ODGJ dan 43 Disabilitas UPT Puskesmas Kesambenkulon Jemput Bola

Gresik, pojokpudak.com


Guna untuk upaya penanggulangan covid-19, Pemerintah Kabupaten Gresik terus menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat, terkecuali bagi 80 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  dan 43 orang Disabilitas.


Hal itu di lakukan oleh Kepala  UPT Puskesmas Kesambenkulon yang di komandani dr. Menik Tri Kumalasari beserta tenaga kesehatan setempat, Rabu (8/9/2021) pagi.


Saat ditemui disela-sela kegiatan dr. Menik Tri Kumalasari mengatakan," Ada sekitar kurang lebih 80 ODGJ dan 43 orang Disabilitas yang ada di wilayahnya. Semua itu yang dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut dengan cara menjemput bola. Yakni, dengan mendatangi langsung ke setiap rumah (Door to door).


Dengan di berikan vaksinasi Covid-19 setidak-tidaknya dapat membantu dan mengurangi resiko penyebaran yang disebabkan oleh ODGJ, Selain untuk melindungi dirinya sendiri vaksinasi tersebut juga mengurangi resiko penyebaran. Jelasnya.


Masih Menik," Dimana tujuan vaksinasi covid pada ODGJ, selain untuk memberikan kekebalan kepada penderita ODGJ, juga bisa menekan resiko penyebaran covid 19, mengingat tingkat mobilisasi pasien ODGJ yang sangat tinggi.


Selain itu dengan semakin banyaknya lapisan masyarakat yang sudah  tervaksin, maka kekebalan komunitas (Herd Immunity) segera terbentuk, sehingga kita segera terbebas situasi dari situasi pandemi covid-19. 


Lebih jauh Menik menjelaskan, sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu ODGJ tersebut diperiksa kesehatannya, setelah dianggap sehat mereka baru diberikan Vaksinasi. Tambahnya.


Tidak hanya itu, Menik selalu mengajak agar tetap disiplin dalam penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) diantaranya, Mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir, Menjaga jarak, Memakai masker dan Menghindari kerumunan serta Mengurangi mobilisasi,” Terangnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads