Breaking

Post Top Ad

10/07/2021

414 Penghobi Ikuti Kontes dan Pameran Bonsai di Desa Petung

Gresik, pojokpudak.com


Kontes bonsai di Gresik kembali digelar. Untuk yang kesekian kalinya kontes dipusatkan di Desa Petung Kecamatan Panceng. Ratusan bonsai ikut serta, mulai dari harga jutaan hingga puluhan juta.


Dalam even kali ini diikuti 414 bonsai dengan berbagai jenis. Kolektor hingga pembudidaya bonsai ikut serta. Mereka beradu kreativitas dan keindahan seni mengkerdilkan pohon.


Tak hanya dari Gresik, peserta kontes juga datang dari luar daerah seperti Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi, Mojokerto dan Tuban. 


Ketua Penyelenggara Muhammad Mas'ud mengungkapkan kontes yang digelar ini untuk meningkatkan harga jual bonsai. Jika juara, maka harga bonsai bisa naik berkali lipat.


"Bisa sampai 50 Juta kalau menang. Sebenarnya bukan hadiahnya, tapi kalau semakin banyak memenangkan kontes maka harga jual tinggi," katanya, Kamis (7/10/201).


Mas'ud yang juga Kepala Desa Petung ini menyatakan, warga di desanya banyak yang terjun ke dunia bonsai. Awalnya memang hobby, namun karena ketekunan kini jadi sumber penghasilan.


Untuk itu, beberapa waktu lalu pemerintah desa mendatangkan mentor dari perkumpulan budidaya bonsai untuk membina warga sekitar


"Jadi desa kita bisa dijuluki kampung bonsai. Semua ada, mulai pendongkel (Pencari bonsai di hutan) maupun pembudidaya semua ada. Bonsainya juga bermacam-macam," terangnya.

 
Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir meninjau kontes tersebut mengungkapkan pemerintah daerah mendukung pameran dan kontes bonsai kali ini.


"Tentu, kami bersama Pak Bupati sangat mendukung. Ini potensi yang harus terus diwujudkan. Saya kagum, banyak sekali bonsai-bonsai indah disini," ujarnya.


Perempuan yang akrab disapa Bu Min ini meminta dinas pertanian agar memetakan apakah komuditas bonsai bisa diekspor. Meski Gresik dikenal Kota Industri, pemerintah daerah juga fokus mendampingi sektor pertanian lebih maju. 


"Semoga potensi yang ada ini, bisa diekspor seperti komuditas pertanian lain di Gresik yang tembus ekspor," tambahnya.


Anggota DPRD Jatim dapil Gresik dan Lamongan, Ahmad Iwan Zunaih menambahkan pihaknya berharap agar kontes bonsai ini bisa menaikkan ekonomi masyarakat sekitar.


"Sehingga, adanya opsi menaikan kontes jadi skala nasional pasti akan bagus dan mendongkrak ekonomi jadi even tahunan," ujarnya.


Politisi Nasdem yang karib disapa Gus Iwan ini mengatakan, dirinya siap mendukung dan memfasilitasi kelompok pembudidaya bonsai. Hal ini agar mendapatkan anggaran dari pemerintah sehingga bisa lebih maju.

"Kami sangat mendukung potensi yang ada di Gresik ini salah satunya bonsai. Bahkan, kami dukung bisa ekspor," tutupnya usai meninjau kontes bonsai di Gresik. (Nif/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads