Breaking

Post Top Ad

10/16/2021

MENDADAK DI SETIGI: Gus Menteri Desa PDTT RI Bersama Rombongan Menikmati Setigi dan KPI

Gresik, pojokpudak.com


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Abdul Halim Iskandar mendadak melakukan kunjungan ke wisata alam Setigi, Jumat (15/10/2021). Pria yang akrab disapa Gus Menteri itu di akun Facebook dan Instagramnya menuliskan: 


Desa Milyader, setelah sekian lama akhirnya keturutan ke Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik yang dikenal dengan Desa Milyader. Kadesnya luar biasa, berhasil menyulap tempat pembuangan sampah menjadi tempat wisata yang indah dan menarik.


Inilah yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur, ini sampai anak cucu kita masih seneng karena alami. Setigi ini salah satu desa wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Indonesia, karena Setigi memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat.


Saya mengajak semua warga desa, sahabat desa untuk datang ke sini, baik itu aparat desa pengurus BUMDes, pengelola desa wisata, di samping berwisata silahkan belajar dari pengalaman Pak Kades Sekapuk dalam melakukan inovasi.


Belum puas sampai di sini, Pak Kades kembali membangun wisata kedua milik Desa Sekapuk yaitu Agrowisata Kebun Pak Inggih atau KPI yang didalamnya terdapat Monumen Ratu Agro.


Mendapati kunjungan yang mendadak ini, Kades Sekapuk Abdul Halim menyampaikan 

terima kasih atas kunjungannya Gus Menteri Desa Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan. 


Terima kasih kepada segenap rombongan baik dari Pemkab Gresik dan yang lainnya, yang turut hadir menyambut dan memberi pendampingan acara di desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. 


"Membangun desa sama dengan bangun bangsa, Gus Menteri beserta ning Wakil Bupati serta ketua DPRD Gresik mlaku-mlaku ning SETIGI karo KPI dino iki sebagai bukti nyata cintanya pada desa," ungkap Abdul Halim. 


Kades Sekapuk juga berucap Alhamdulillah, karena baru tiga hari Monumen Ratu Agro di Kebun Pak Inggih (KPI) diresmikan, wisata kedua ini kedatangan Gus Menteri. Semoga pertanda baik untuk kemajuan desa dan kota tercinta. #Bismillah launching KPI tanggal 02-02-2022.


"Terimakasih warga Sekapuk dan segenap jajaran Pemkab, DPRD yang turut serta memberikan dukungan atas dibangunnya Agrowisata untuk memberikan edukasi pada generasi muda ke depannya. Semua usaha tidak akan pernah sia-sia, dan semua perubahan tentu bisa dilakukan seksama.

Semoga semua ini terhitung jariyah kita bersama," ujarnya dengan nada penuh syukur. 


Dalam kesempatan tersebut, Gus Menteri bersama sang istri Lilik Umi Nasriyah didampingi Kepala Desa (Kades) Sekapuk Abdul Halim, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua DPRD Gresik HM Abdul Qodir, Anggota DPRD Jatim Fauzan Fuadi dan Uviq Zuroidah, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Syahrul Munir, serta segenap rombongan Tenaga Ahli dan Pendamping Desa se-Gresik. 


Dalam kunjungannya, Gus Menteri salut dengan keberadaan wisata Setigi dan KPI, sebab wisata ini murni dibangun oleh pemerintah desa (Pemdes) bersama berbagai elemen yang ada di desa melalui swadaya masyarakat. Kemandirian ini, membawa keberhasilan Desa Sekapuk membangun megah dua wisata eksotis yaitu Setigi dan KPI. Bahkan, wisata Setigi dulunya merupakan tempat pembuangan sampah.


"Saat ini saya berada di wisata Setigi Desa Sekapuk, yang dulunya adalah tempat pembuangan sampah, namun oleh Kepala Desa dan pemerintah desa bersama masyarakat membangunnya menjadi wisata yang sangat indah, sangat luar biasa sekali," kata Gus Menteri.


Gus Menteri juga merespon positif keinginan Kades dan pengelola wisata untuk menghadirkan kapal yang akan diberi nama Bukan Kapal Nuh (BKN) dan diletakkan di atas Bukit Setigi sebagai simbol kebangkitan Gresik yang dulunya dikenal sebagai Kota Syahbandar. Apalagi, keinginan ini juga sudah pernah disampaikan ke Ketua DPRD dan Wabup Gresik. 


"Saya akan berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan terkait pengadaan kapal bekas sebagai simbol kebangkitan Gresik yang dulu dikenal dengan Kota Syahbandar," tandasnya.


Rasa kagum tidak hanya dirasakan oleh Gus Menteri, bahkan Bu Menteri bersama rombongan juga ikut menikmati panorama dengan berselfi di sejumlah lokasi instagramable, seperti di Jorongan Batu Kars (JBK), Tangga Derajat, dan di Jembatan Peradaban Danau Jamrud Setigi. Tak ketinggalan juga Monumen Ratu Agro di KPI. 


Bu Menteri dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengapresiasi peran serta ibu-ibu PKK yang turut berperan dalam membangkitkan ekonomi dengan memproduksi jajanan khas leluhur yang diberi nama Dapur Mbok Inggih.


"Bagus sekali, disini banyak produk-produk lokal yang dijajakan, tentu ini menjadi peran serta ibu-ibu PKK dalam rangka ikut membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19," tutur Bu Menteri Lilik Umi Nasriiyah didampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah kepada Ketua PKK Sekapuk Rif'atul Mubarokah, istri tercinta Kades Sekapuk Abdul Halim. (Dik/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads