Breaking

Post Top Ad

3/27/2022

Juna Sang Pawang, Taklukkan Ratusan Ular

Gresik, pojokpudak.com



Siapa sangka Juna (19) yang tinggal di Dusun Dalean Morowudi Kecamatan Cerme, yang mempunyai hobi unik, bahkan tidak sembarang orang bisa. 


Hobi tersebut ialah memelihara hewan reptil jenis ular. Entah mengapa di tangan Juna, hewan reptil jenis ular tersebut tampak bersahabat. 


Dirinya menyebut memang sudah suka dengan hewan-hewan reptil jenis ular sejak masih Kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Setelah dewasa, ia pun mulai memelihara ular dari hasil menangkap maka tidak heran sekarang mempunyai puluhan ular. Dan kalau menangkap ular sih sudah ratusan ular yang saya tangkap. Kata Juna, Minggu (27/3/2022) sore.


“ Dari kesukaan memelihara ular itulah, maka saya dijuluki sipawang dan kini saya sering dimintai bantuan warga bila ada ular yang masuk ke rumah warga tersebut,"


Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa untuk menjinakkan hewan buas seperti ular, tidaklah sulit. Hanya diperlukan kewaspadaan dan sentuhan lembut pada hewan tersebut. 


" Yang penting pada waktu menangkap ular, ular tersebut kita jangan mengagetkan ular, sebab biasanya kalau di kageti malah menggigit. Dan saat menangani ular kita harus tenang,” Katanya dengan senyum kasnya.


Bagi saya, kalau di gigit ular itu hanya perkenalan saja, bahkan saya sering digigit ular namun hanya saya kasih minyak tawon saja. Setelah itu Alhamdulillah sembuh. Terangnya.


Lebih jauh Juna menjelaskan, dalam perawatan ular tidaklah sulit. Tetapi perlu kesabaran.


Dan saat pemberian pakan dilakukan sekali dalam seminggu. Ular yang berukuran besar atau sudah dewasa diberikan ayam sebagai pakannya.


" Perlu diketahui, saat memberi makan ular biasanya saya berikan ayam tersebut dalam keadaan sudah mati atau meninggal, sebab nantinya ular tersebut terbiasa. Bila ular di kasih makan ayamnya dalam keadaan masih hidup, dikuwatirkan bila ada hewan seperti kucing atau tikus lewat ular tersebut agresif dan langsung menyerang, dianggapnya seperti mangsa. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads