Breaking

Post Top Ad

4/20/2022

Lantik Jajaran Pengurus Baznas Kabupaten Gresik Periode 2022-2027, Bupati Yani Ajak Kolaborasi Bersama Turunkan Angka Kemiskinan

Gresik, pojokpudak.com


Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik periode 2022-2027 yang diketuai H. Muhammad Mujib dilantik Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Ruang Putri Cempo lantai 1 Kantor Bupati Gresik, hari Rabu (20/04).


Turut hadir Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gresik, H. Sahid, dalam pelantikan hari ini. Adapun jajaran pimpinan Baznas Kabupaten Gresik yang dilantik hari ini antara lain, H. Muhammad Mujib Selaku ketua, H. Mustoha, selaku Wakil Ketua I, Dr. Riyadlotus Sholichah selaku Wakil Ketua II, Sholihudin Al Ayubi selaku Wakil Ketua III, dan Dr. Hasan Basri selaku Wakil Ketua IV.


Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mengungkapkan bahwa salah satu untuk menekan kemiskinan masyarakat muslim adalah dengan cara memanfaatkan dana Zakat.


"Usaha dalam menanggulangi problem kemiskinan ini bukanlah hal yang mengada-ada, temporer, setengah hati, atau bahkan hanya sekedar mencari perhatian. Pengurangan angka kemiskinan, bagi Islam, justru menjadi asas yang khas dan sendi-sendi yang kokoh. Hal ini dibuktikan dengan Zakat yang telah dijadikan oleh Allah SWT, sebagai sumber jaminan hak-hak orang-orang fakir dan miskin sebagai bagian dari salah satu rukun Islam," terang Bupati Yani.


Bupati Yani menambahkan bahwa di era seperti saat ini, Zakat memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Diantaranya adalah peran moderasi kesenjangan sosial yang dapat dilakukan oleh Zakat yang tampak secara konkret dalam distribusi harta dari para wajib Zakat kepada orang yang berhak menerima Zakat, dengan Amil Zakat sebagai perantara yang dalam hal ini adalah Baznas.


"Zakat merupakan sumber pendanaan pembangunan kesejahteraan umat diluar dana APBN dan APBD. Jika dapat dioptimalkan, maka potensi dana Zakat dapat menjadi pelengkap agenda program penanggulangan kemiskinan dengan sinergi pada program pemerintah yang sedang dijalankan. Saya membuka pintu sinergisasi dan kolaborasi lebar-lebar untuk Baznas agar dapat bekerja bersama pemerintah Kabupaten Gresik untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gresik," tegasnya.


Mengakhiri sambutannya, Bupati Yani menaruh harapan kepada jajaran pengurus Baznas yang dilantik hari ini untuk dapat mendesain program-program pendistribusian dan pendayagunaan secara terencana, termonitor, dan terukur. 


Tampak hadir mendampingi Bupati Yani dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmaf Washil Miftahul Rachman, Ketua MUI KH. M Masoer Shodiq, serta jajaran kepala OPD di lingkungan Kabupaten Gresik. (Nnd/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads