Breaking

Post Top Ad

4/13/2022

Momen Ramadan, Siswa Berlian School Giatkan Sedekah Buku

Gresik, pojokpudak.com


Siswa SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) ikuti gerakan sedekah buku yang bertajuk Satu Jiwa Satu Pustaka atau disingkat SaJiSaKa, Selasa (12/04/2022). Acara ini merupakan salah satu rangkaian pra acara milad Berlian School. 


Setiap siswa dari kelas satu sampai enam secara serentak menyedekahkan buku mereka untuk memperkaya koleksi di pojok baca kelas mereka masing-masing. Meski pojok baca mereka sebelumnya sudah banyak koleksi buku, namun para siswa antusias untuk menyedekahkan buku koleksi mereka pribadi untuk dibawa pada momen SaJiSaKa ini.


Acara yang berlangsung di Aula Berlian School ini, dibuka oleh kepala SD Muhammadiyah 2 GKB, Fauzuddin Ahmad SPd. Kepada para siswa yang hadir, Ahmad menyampaikan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Untuk mendapatkan keberkahan, yaitu dengan melakukan banyak amalan ibadah atau amal kebaikan seperti memperbanyak sholat Sunnah, mengaji, berinfak atau bersedekah, dan lainnya.


“Sedekah bisa berupa harta, tenaga, pikiran, atau benda yang kita miliki. Sekolah mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6 yang telah menyediakan buku bacaan di pojok baca kelas masing-masing,” tuturnya, Rabu (13/4/2022).


Ahmad lantas mendoakan siswa Berlian School semua. “Semoga Allah menerima kebaikan sedekah buku ini dengan menambahkan rizki,” ucapnya.


Secara bertahap, setiap level kelas menyedekahkan bukunya secara berurutan. Mereka berjalan dengan tertib menuju kotak sedekah buku yang sudah siap berjejer di meja. Di sisi meja telah siap wali kelas masing-masing siswa yang akan menyedekahkan bukunya. 


Antusis para siswa terlihat ketika mereka hendak memasukkan bukunya masing-masing ke dalam kotak. Bahkan terlihat beberapa siswa yang membawa buku lebih dari satu untuk di sedekahkan. Dia adalah Muhammad Dilbert Alaric Athallah kelas 1 Al Malik. Total yang dia sedekahkan sebanyak 17 buah buku. Adab anak islam senyak 7 buku dan seri akhlak for kids sebanyak 10 buku.


Ibunda Dilbert, Dini Kusumaningrum mengaku bersyukur diberi Allah kesempatan untuk sedekah buku. "Buku berisi ilmu, sedangkan ilmu merupakan salah satu amal jariyah, jadi saya dan Dilbert selalu semangat utk memberikan buku-buku yang bermanfaat," ujarnya.


Sesekali, di tengah-tengah acara, MC Mamluqil Farihah SPd menuntun anak-anak untuk mengucapkan yel yel sebagai penyemangat. “Sedekah buku……….!”, ucapnya. Dengan penuh semangat, siswa menjawab dengan “Pahala beribu !” saut para siswa.


Sebelum level kelas lain maju untuk memasukkan ke kotak sedekah buku, para siswa dihibur dengan penampilan siswa bernyanyi oleh Azzalea Ramadhani Fadilah Tanjung dan Rayna Saqeena Putri Atmaja membawakan puisi.


Panitia acara, Alindatul Khusna SPd mengatakan tujuan diadakan acara SaJiSaKa ini nantinya bisa bermanfaat untuk para siswa, selain manfaat pahala yang diterima oleh siswa karena sudah bersedekah buku di bulan ramadhan ini, tapi juga bisa bermanfaat untuk menambah koleksi bacaan yang ada di pojok baca kelas masing-masing. “Pojok baca di kelas akan dimanfaatkan anak-anak untuk membaca, sehingga diharapkan akan meningkatkan literasi mereka,” ujarnya. (Nif/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads