Breaking

Post Top Ad

6/04/2022

Pesan Plt Kasek SMANIBA Tohir Saat Wisuda : Anaknya Jangan Di Nikahkan, Tunggu 8 Tahun Biar Matang

Gresik, pojokpudak.com


Perpisahan dan pelepasan siswa Kelas XII merupakan agenda SMA Negeri 1 Balongpanggang (SMANIBA) pada purna 240 siswa siswi  Angkatan VIII tahun 2022/2023, yang di laksanakan setelah semua proses pembelajaran kelas XII selesai atau setelah ujian nasional dilaksanakan. 

Selain sebagai ajang silaturahmi antar siswa, dan warga sekolah (para guru dan staff) serta wali murid, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa kelas XII yang telah menyelesaikan masa belajarnya di jenjang Sekolah Menengah Atas. 

Para siswa siswi nantinya akan kembali ke orang tua dan masyarakat sebagai sosok pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi.


Tahun ini perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII  diadakan di Halaman sekolah setempat, yang berlangsung pada tanggal 4 Juni 2022. Wisuda Purna siswa berjalan dengan khidmat dan meriah dengan adanya pembukaan tarian tradisional dan juga pemberian penghargaan kalung wisuda kepada seluruh 240 Siswa - siswi.


Dalam prosesi wisuda diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars. 


Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia. Puncak prosesi wisuda adalah pengalungan wisuda dan penerimaan tanda kelulusan untuk masing-masing wisudawan dan wisudawati. 

Dalam sambutannya Plt Kepala Sekolah (Kasek) SMANIBA Thohir menuturkan," Kami mohon agar nantinya anak anak terus meningkatkan kompetensi bersaing dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Untuk itu, tolong anak anak jangan di kawinkan, kasihan setalah SMA beri bekal yang lebih tinggi kalau bisa D3 atau S1. Untuk itu kami mohon pada orang tua anaknya jangan di nikahkan, butuh  8 tahun lagi biar matang. Oleh karena itu bagi yang sudah lulus jangan mencari pasangan dulu, mencarilah bekal dulu, karena perlu kekuatan mentalnya.Tegasnya


Ini langka pertama memasuki dunia di masyarakat. Hidup di dalam masyarakat memberikan manfaat pada dirinya. 


Diakhir sambutanya Tohir berpesan pada pantunnya," Kembang setaman di atas meja, diambil satu yang warna ungu, wahai wisudawan yang berbahagia semoga kalian sukses selalu," Tambahnya.

Sementara itu di tempat yang sama Camat Balongpanggang M. Amri berpesan, Ini adalah awal menuju kesuksesan, untuk itu gapailah setinggi tingginya cita citamu. Anak-anak yang lulus sekarang adalah generasi muda penerus bangsa. 

 

Adapun pesannya :

1. Rayakan wisuda sewajarnya saja jangan berlebihan. 

2. Saya ucapkan selamat kepada siswa SMA, SMK dan MA yang lulus tahun ini. Semoga bisa meraih nilai yang memuaskan dan menjadi modal untuk masuk ke jenjang pendidikan lebih lanjut.

3. Ucapkan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik, mendampingi dan mengajarkan selama 3 tahun ini.

4. Untuk para siswa jgn lupa selalu berbakti kepada orang tua.

5. Ucapkan terima kasih kepada para guru yg telah mendidik, mendampingi dan mengajarkan selama 3 tahun ini.

6. Kalian adalah individu yang luar biasa, dan setiap individu punya kelebihan masing masing tidak akan sama satu dengan yang lainnya.

7. Tetap jaga (Attitude) jangan lupakan gurumu. Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu. " Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu," Katanya.


Saya percaya lulusan SMAN 1 Balongpanggang ini anak-anak memiliki semangat belajar yang tinggi, senantiasa tebar kebaikan, dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. 


Ingat. Kita memang diwajibkan menuntut ilmu, tetapi tidak semua ilmu mesti kita kuasai, sehingga perlu memilih spesialisasi. Di era modern diperlukan spesialisasi. Oleh karena itu, saya berharap anak-anakku sudah menemukan minat dan bakat. Setiap manusia ditakdirkan memiliki passion. Temukan passion anak-anak,” tegasnya.


Lebih lanjut, M. Amri juga mengungkapkan akan senantiasa mendukung program-program SMAN 1 Balongpanggang untuk memberikan pelayanan pendidikan. Selain itu tak lupa, M. Amri mendoakan siswa. “Selamat kepada anak-anakku, sukses masa depan, orang tua, bangsa dan negara,” Tambahnya.

Adapun pelaksanaan tersebut di hadiri  Plt Kepsek SMA Negeri Balongpanggang Tohir menyematkan kalung wisuda kepada salah satu siswa, disaksikan Muspika Balongpanggang (Camat M. Amri, Kapolsek AKP Zainudin, dan Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf Erik) Ketua Komite Dekolah Suliono beserta sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 9 Gresik Muhammad Kholik, Kasek SMPN 27 Gresik Juwargi dan Kepsek SMPN 31 Gresik Tas'an Fanani serta undangan. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads