Breaking

Post Top Ad

7/06/2022

Mengantisipasi PMK, Gercap Muspika Balongpanggang Door To Door Kepemilik Kandang

Gresik, pojokpudak.com


Guna mengantisipasi Penyebaran atau Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) Gerak Cepat (Gercap) Muspika Balongpanggang yang di komandoi oleh Camat Balongpanggang M. Amri, yang di dampingi oleh Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf Erik, Kapolsek Balongpanggang AKP Zainudin, dan Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Balongpanggang Drh. Apriliwiyani Niken Hastuti melakukan vaksinasi door to door ke pemilik kandang di wilayah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Rabu (6/7/2022) pagi.


Sebelum melakukan vaksinasi secara door to door. Kegiatan tersebut di isi dengan apel bersama yang diikuti oleh Muspika dan anggota tim vaksinasi Puskeswan Balongpanggang. 


Saat ditemui di sela sela vaksinasi Drh. Apriliwiyani Niken Hastuti atau yang akrap di sapa Niken menuturkan," Dimana di Kecamatan Balongpanggang kita tarjetkan empat Desa, dimana di hari ini kita sudah dua desa diantaranya Desa Babatan (232 vaksin) dan Desa Ngampel (114 Vaksin). Untuk dua desa yang belum adalah Desa Dapet dan Desa Wotansari ada sekitar 200 vaksin Aftopor, untuk hari ini Desa Dapet. Kita tarjetkan besuk di empat desa bisa tervaksinasi Aftopor semuanya. Yang nantinya akan dilanjutkan untuk vaksinasi tahap kedua setelah kurun waktu 28 hari. Katanya. 


Di samping itu juga Niken juga menerangkan, bahwa seluruh hewan atau sapi yang sudah sehat akan diberikan suntikan Vaksin tahap satu sekaligus kita juga memberikan suntikan untuk mengurangi efek vaksin yang khusus kita suntikan kepada hewan atau sapi yang sedang hamil agar tidak terjadi demam ataupun alergi pada hewan tersebut. 


Masih Niken," Dalam pendekatan kepada pemilik ternak agar nantinya sapinya mau untuk di vaksin, Niken bersama timnya biasanya memberikan sosialisasi dulu, yang mana dengan di berikan vaksinasi nantinya hewan hewan tersebut sehat dan aman. Dari situlah akhirnya mereka mau hewan hewan untuk di vaksin. Tambahnya. 


Sementara itu di tempat yang sama Camat Balongpanggang M. Amri menuturkan," Dalam rangka antisipasi penekanan atau penyebaran dari Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). Dimana kegiatan hari ini, kita bersama Muspika Balongpanggang dimana di wilayah Kecamatan Balongpanggang banyak yang memiliki hewan ternak kita bersama dengan Puskeswan Balongpanggang door to door ke pemilih hewan," 


Dimana dalam vaksinasi ada empat titik yaitu Desa Ngampel, Dapet, Babatan dan Desa Wotansari, kebetulan sekarang di Desa Dapet. Dimana pada pelaksanaannya kita melakukan pengecekan pada kondisi sapi yang sehat. Sebab sapi sapi yang sehat tersebut di lakukan vaksin sementara yang sakit di usahakan sembuh dahulu dan kemudian nanti di jadwalkan vaksinnya.," Jelasnya.  


Alhamdulillah di wilayah Balongpanggang, suasana PMK relatif stabil atau landai. Sehingga dengan kondisi seperti ini sudah ada perbaikan perbaikan atau pemulihan terhadap hewan hewan ternak, dimana dokter melalui Puskeswan ini telah melakukan identifikasi, klarifikasi terhadap hewan ternak yang sehat untuk segera di lakukan vaksinasi. Ini di lakukan dalam rangkah segera sapi sapi yang sehat tersebut mendapat vaksin, sehingga apa bila nanti adanya persebaran yang lebih luas terhadap PMK ini nantinya akan bisa di tekan. Terangnya. 


Tidak hanya itu, Amri juga menghimbau terhadap masyarakat yang akan berkorban kami berharap dimana hewannya harus sesuai dengan ketentuan atau sarat sarat hewan yang boleh dikorbankan, apa lagi saat ini kita memang menghadapi PMK, dimana di Kabupaten Gresik adalah wabah sehingga memang harus benar benar detail terhadap kesehatan hewan yang akan di korbankan. 


Masih Amri," Kami tidak lupa untuk mengingatkan atau senantiasa berkoordinasi dengan Puskeswan setempat  dalam hal pengecekan hewan secara berkala, sehingga benar benar hewan yang ada baik di korbankan atau tidak, ini benar benar kondisinya tetap selalu sehat. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads