Breaking

Post Top Ad

7/23/2022

Ratusan Siswa Di Gresik Kegiatan MPLS Belajar Sejarah Di Wagos

Gresik, pojokpudak.com


Jika biasanya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) digelar di sekolah, namun sejumlah sekolah di Gresik dan Lamongan memilih Wisata Alam Gosari (Wagos) untuk berkegiatan Outbond. 

Seperti Sabtu (23/7) pagi, sebanyak 400 siswa dari empat sekolah di lembaga pendidikan di bawah naungan Perguruan Muhammadiyah di Kecamatan Dukun, yakni SD Muhammadiyah 1 Dukun, SD Muhammadiyah 2 Dukun, MTs Muhammadiyah 1 Dukun dan SMA Muhammadiyah 5 Dukun. 

Muhammad Musholli, Kepala SD Muhammadiyah 2 Dukun mengatakan sengaja melaksanakan kegiatan MPLS di Wagos sebagai bentuk penerapan kurikulum merdeka, yang mana pola pendidikannya menitikberatkan pada anak didik. 

"Isinya bagaimana mengenalkan kearifan lokal. Kebetulan di daerah sini ada Wagos. Sehingga kami ajak semua siswa kesini," ujar Musholli. 

Lebih lanjut, Musholli menjelaskan, ratusam siswa tak sekedar menikmati keindahan alam, mereka juga dikenalkan tentang situs sejarah. Seperti Prasasti Butulan dan Sendang Pancuran. 

"Dengan pengetahuan sejarah, nantinya saat pembelajaran akan kita sambungkan dengan kearifan lokal," ungkapnya. 

Sementara, Ketua Pengelola Wagos Misbakhud Dawam mengatakan, wisatanya menjadi tempat favorit siswa untuk berkegiatan luar sekolah. 

"Pengunjung hari ini membeludak. Tapi kita tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. 

Diterangkan Dawam, wisata saat ini juga menjadi tempat pembelajaran luar sekolah. Tak hanya momen MPLS, beberapa sekolah juga memilih Wagos dijadikan jujukan. 

"Kita ada program khusus, bahkan kami sediakan segala fasilitasnya. Tak hanya MPLS, beberapa sekolah juga memilih Wagos untuk kegiatan luar sekolah," ujarnya. 

Diungkapkan Dawam, Wagos merupakan wisata yang menawarkan keasrian alam dan edukasi sejarah. Sejumlah titik bersejarag diantaranya Prasasti Butulan, Sendang Bidadari serta bekas produksi tembikar. 

Tak hanya itu, Wagos juga menjadi tempat favorit belajar siswa karena wisatnaya menawarkan berbagai spot foto unik Instagramable seperti taman bungah, danau buatan, kolam renang, kolam ikan hias serta lokasi lainnya yang rindang. 

"Meski di Gresik, tak kalah sama Malang, pengunjung jadi betah, untuk anak-anak juga ada wahana khusus, bahkan bisa mengelilingi wisata dengan kuda," imbuh pengelola Wisata Alam Gosari. (Nif/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads