Breaking

Post Top Ad

8/14/2022

Babinsa Sangkapura Turut Serta Ciptakan Generasi Sehat Melalui BIAN

Gresik, pojokpudak.com


Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) serentak diselenggarakan Kabupaten Gresik guna membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak dari serangan berbagai penyakit serta mengejar kekurangan asupan imunisasi pada anak yang tertunda dan menurun karena adanya pandemi Covid-19. Minggu (14/8/2022).


Tidak hanya di wilayah Gresik Kota (Daratan) tetapi kegiatan Imunisasi juga diselenggarakan di pulau terluar tepatnya di Kecamatan Sangkapura Kepulauan Bawean Kabupaten Gresik.


Kali ini bertempat di Balai Desa Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, 142 Anak dan Balita  mendapatkan imunisasi dalam bentuk suntikan vaksin atau tetes minum, yang diberikan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Sangkapura didampingi Babinsa Koramil 0817/17 Sangkapura, Peltu Wega W. Gaffar bersama dengan Bapak Syamsul Arifin, S.Sos, MM Camat Sangkapura, Aiptu Suryadi Bhabinkamtibmas Polsek Sangkapura serta Noercholis selaku Kepala Desa Kotakusuma. 


Pelaksanaan imunisasi merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit.


Disela pendampingan, Peltu Wega W. Gaffar mengatakan bahwa, Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak dari serangan penyakit maka perlu diberikan imunisasi lengkap sesuai jadwal kepada anak-anak dibawah usia lima tahun.


"Imunisasi ini sangatlah penting dalam upaya pencegahan penyakit yang berbahaya bagi anak-anak, misalnya, campak dan Pertusis yang sempat penyakit ini menggemparkan dunia, Imunisasi harus dilaksanakan rutin sesuai dengan jadwal yang sudah tercantum dalam buku imunisasi dari Puskesmas."tuturnya.


Dalam pelaksanaan pendampingan imunisasi Peltu Wega W. Gaffar juga memberikan arahan kepada para orang tua tentang manfaat pentingnya imunisasi anak-anak bahwa imunisasi tidak sama dengan mengobati penyakit, imunisasi adalah tindakan preventif atau pencegahan dengan menyuntikan virus untuk merangsang pembentukan antibodi dalam tubuh anak-anak sehingga kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit.


Ketika menghadapi anak-anak Peltu Wega W. Gaffar harus menggunakan berbagai cara dan memberikan perhatian ekstra disaat mendampingi pelaksanaan vaksinasi, tak segan dirinya juga turut menghibur dan menenangkan anak-anak agar tidak takut saat disuntik oleh petugas kesehatan Puskesmas.


"Untuk menarik minat para orang tua dan anak-anaknya untuk ikut serta dalam imunisasi ini maka Pemerintah Desa Kotakusuma juga memberikan hiburan berupa Drumband dan tari-tarian anak-anak TK serta tarian dari ibu-ibu kader PKK Desa Kotakusuma dan membagikan berbagai hadiah door prize kepada seluruh anak peserta imunisasi".pungkasnya.


Kegiatan BIAN yang sedang digencarkan di seluruh Indonesia merupakan upaya Pemerintah dalam membentuk generasi penerus bangsa yang sehat dan kuat. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads