Breaking

Post Top Ad

9/29/2022

Komitmen Tingkatkan Perekonomian Desa, Toko BUMDes Barokah Sejahtera Desa Randupadangan Pasarkan Produk Unggulan Warga

Gresik, pojokpudak.com


Badan usaha milik desa atau disingkat BUMDes merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa.


Termotivasi untuk membantu memudahkan masyarakat dalam memasarkan produk UKM, maka Pemerintah Desa Randupadangan, Kecamatan Menganti bekerjasama bekerja sama dengan pengurus BUMDEs Barokah Sejahtera memutuskan mengelola BUMDes tersebut dengan mendirikan Toko yang menjual beberapa produk UKM unggulan warga. 


" jenis usaha BUMDes Barokah Bersama ini berupa Toko, ATK, token listrik, pembayaran PDAM dan lainnya. Namun, fokus kami adalah memasarkan produk UKM unggulan warga dibidang kuliner seperti minuman sari dele, jamu, susu sapi murni, ada juga makanan ringan keripik pisang", kata Sekretaris Desa Samsul Arif ketika ditemui. Rabu (28/9/2022).


Sekdes menuturkan, toko yang berada tepat di balai desa ini didirikan sekitar awal tahun 2022. Selama satu tahun berjalan, Pendapatannyapun terbilang lumayan. Bahkan, demi mengembangkan  usaha toko tersebut, beberapa waktu diadakan lomba dan bazar. Peserta yang mengikuti lomba tersebut mendapat sovenir dari toko yang dikelola BUMDes. " banyak yang anak-anak, jadi mereka senang dapat sovenir, jenisnya ya macam-macam, ada pensil warna, ya mainan juga ada", ungkap sekdes.


Samsul Arif menambahkan, program BUMDes Barokah Sejahtera tak hanya bergerak pada usaha toko, BUMDes ini juga bergerak di bidang pertanian. " kita bekerjasama dengan Gapoktan untuk penebusan pupuk", ujarnya.


Sedangkan Sektretaris BUMDes Leni Nufa Adi mengatakan, pihaknya berupaya keras bagaimana toko ini terus berkembang. Apalagi untuk memajukan produk UKM warga sesuai dengan motto BUMDes yakni bersama membangun perekonomian desa. 


" kalo ada pertemuan dengan warga kami selalu sosialisasi, kami tawarkan agar produknya dititipkan di toko. Kemudian kami yang memasarkan", pungkasnya. (Ags/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads