Breaking

Post Top Ad

10/31/2022

Berawal Dari Hobi dan Otodidak, Petani Muda Sabet Piala Bergilir Bupati Gresik Dalam Kontes Adenium Dan Sansevieria Road To Bupati Gresik Cup 2022

Gresik, pojokpudak.com


Senyum Toni, petani tanaman hias Adenium asal Karangandong, Kecamatan Driyorejo terus mengembang. Bagaimana tidak, dirinya berhasil menyabet juara satu dalam kelas bonggol emas, kelas utama non bunga, dan kelas seedling. 


Selain tiga kelas tersebut, Toni juga meraih juara tiga dalam kelas seedling. Kesemuanya merupakan kategori tanaman Adenium. Atas capaian tersebut, dirinya membawa pulang Piala Bergilir dalam kontes Adenium dan Sansevieria road to Bupati Gresik Cup 2022 yang berakhir hari ini, Minggu (30/10/2022).


Prestasi ini cukup membanggakan, mengingat Toni baru terjun di dunia tanaman hias dua tahun, atau sejak pandemi melanda. Berawal dari hobi, Toni kemudian terus memperdalam pengetahuan tentang tamanan Adenium secara otodidak lewat sharing bersama rekan-rekan penghobi yang sama dan ditambah dengan belajar lewat internet.


"Potensi tanaman hias menurut saya akan selalu tinggi selama kegiatan kontes semacam ini terus ada. Sehingga harapan kami, Pemerintah Kabupaten Gresik dan berbagai pihak bisa terus menyelenggarakan kegiatan semacam ini," jelas Toni selepas menerima piala bergilir.


Kontes Adenium dan Sansevieria road to Bupati Gresik Cup 2022 yang berlangsung sejak tanggal 28 Oktober 2022 memang sudah berakhir hari ini. Namun, Pemerintah Kabupaten Gresik menyatakan akan terus berkomitmen menyelenggarakan kontes serupa dengan skala yang lebih besar.


Hal inilah yang disampaikan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat hadir di Sentra tanaman hias Desa Karangandong, Kecamatan Driyorejo.


"Bapak ibu sekalian penggemar tanaman hias. Mudah-mudahan sesuai dengan harapan-harapan _panjenengan_ semua, tahun depan kita akan menyelenggarakan kontes semacam ini dengan lebih meriah dan _goes internasional_ ," ujar wabup.


Wabup berharap, dengan masifnya diadakan kontes tanaman hias bisa semakin mengenalkan Kabupaten Gresik sebagai sentra tanaman hias, disamping julukan kota industri dan kota santri yang saat ini sudah melekat.


Dalam kesempatan yang sama, hadir Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian RI Prihasto Setyanto. Dalam sambutannya, dirinya mengaku sudah mempromosikan perihal Kabupaten Gresik dengan sentra tanamam hias tropisnya yang luar biasa kepada Menteri Pertanian. 


"Saya sudah sampaikan ke Pak Menteri, bahwa di Kabupaten Gresik ada kampung florikultura yang bagus dan layak dikunjungi. Pak Menteri menyambut baik, dan akan segera menjadwalkan kunjungannya kesini," terang Prihasto.


Kontes Adenium dan Sansevieria road to Bupati Gresik Cup 2022 dalam rangka semarak hari tani dan hari pangan sedunia ini, diikuti ratusan penghobi dan petani tanaman hias dari banyak wilayah didalam dan diluar Gresik. Ratusan peserta tersebut memperebutkan juara dalam 7 kelas dalam kategori Adenium dan 7 kelas dalam kategori Sanseviera. (Nnd/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads