Breaking

Post Top Ad

10/25/2022

Meriahnya Sedekah Bumi dan Gulat Okol Dusun Bongso Kulon

Gresik, pojokpudak.com


Warga Dusun Bongso Kulon, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Gresik kembali menggelar ritual tahunan yang disebut Sedekah Bumi, Minggu (23/10/2022).


Ritual ini merupakan bentuk rasa syukur warga setempat atas hasil bumi dan juga rizki yang selama ini mereka terima. Pagi menjelang siang, warga dusun  berbondong-bondong mendatangi tempat diselengggarakannya sedekah bumi. Mereka membawa berbagai macam tumpeng dari hasil bumi.  Kemudian, warga memanjatkan Do'a sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sembari membagikan hasil bumi yang mereka bawa.


Kegiatan sedekah bumi itu turut dihadiri Kepala Desa Pengalangan, Kepala Dusun Bongso Kulon, Muspika, tokoh masyarakat  dan tokoh agama setempat. 


Acara kemudian dilanjutkan dengan gulat okol. Gulat okol sendiri merupakan olahraga yang diadakan sebagai bagian untuk menjaga tradisi kebudayaan. Bahkan sampai saat ini warisan leluhur itu masih tetap dilestarikan.

Kepala Desa Pengalangan, Ahyar Abdul Motolhib mengatakan, dirinya sangat bangga atas terselenggaranya sedekah bumi. Hal Ini merupakan bentuk syukur sebagai umat manusia yang telah diberikan oleh tuhan dan kegiatan ini perlu dilestarikan karena merupakan bentuk persatuan dan kesatuan antar umat beragama khususnya di Dusun Bongso Kulon.


Sementara itu, anggota DPRD Wongso Negoro ketika ditemui setelah kegiatan gulat okol mengatakan, rangkaian sedekah bumi ini adalah wujud kerukunan antar dua agama di dusun ini. Cara ini merupakan bentuk rasa syukur warga karena masih diberi kesehatan, kenikmatan serta panjang umur. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads