Breaking

Post Top Ad

11/29/2022

Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan Fogging di Wilayah Ujungpangkah

Gresik, pojokpudak.com


Babinsa Koramil 0817/13 Ujungpangkah Serda Sulis melaksanakan pendampingan kegiatan masyarakat dalam pelaksanaan fogging yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpakah, Kabupaten Gresik. Selasa  (29/11/2022).


Melaksanakan kegiatan fogging atau pengasapan dengan menyemburkan racun/insektisida ke rumah-rumah warga bertujuan untuk mencegah berkembang biaknya/membunuh nyamuk Aedes Aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah atau biasa disebut penyakit DBD. 


Sebelum pelaksanaannya, saat di lokasi Serda Sulis menyampaikan kepada warga agar mengamankan sebagian barang-barangnya dan yang mempunyai hewan peliharaan agar dipindahkan ke area yang lebih aman. 


“Untuk mencegah dampak negatif atau efek samping dari fogging, saya menghimbau kepada warga untuk membuka jendela rumah agar terjadi pertukaran udara, tutupi barang-barang di rumah seperti alat makan, baju, handuk atau bisa dipindahkan ke tempat yang rapat, dan jangan biarkan ada makanan atau bahan makanan yang diletakkan di tempat terbuka sebelum dilaksanakan pengasapan/fogging.”kata Serda Sulis.


Terpisah, Danramil 0817/13 Ujungpangkah Kapten Inf Iwan Hadi S mengatakan bahwa pengasapan/fogging merupakan kegiatan yang sering dilakukan di wilayah Ujungpangkah pada saat musim hujan tiba. Dengan tujuan pengendalian vektor penyakit khusunya yang disebabkan oleh nyamuk yang membawa virus dengue yang dapat menyebabkan/menularkan penyakit demam berdarah dengan gigitannya. Kegiatan ini merupakan upaya preventif untuk mengantisipasi atau mencegah agar penyakit demam berdarah tidak mewabah di wilayah Ujungpangkah.”ujar Danramil.


“Selain itu, dengan kegiatan pendampingan Babinsa diharapkan dapat menghimbau masyarakat agar melakukan langkah 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan/digunakan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitarnya.”pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads