Breaking

Post Top Ad

12/15/2022

Sambangi Warga Binaan, Babinsa Tambak Berikan Pengalaman Berternak Kambing

Gresik, pojokpudak.com


Babinsa Koramil 0817/18 Tambak Serda Imam Mawardi melaksanakan kegiatan Komsos dengan menyambangi Bapak Mastori salah satu warga binaan yang memiliki peternakan kambing di Dusun Kampung Selamet, Desa Tanjung Ori, Kec. Tambak Bawean. Rabu (14/12/2022).


Beternak Kambing bagi masyarakat Dusun Selamet merupakan suatu hal biasa sebagai kerja sampingan. Banyak masyarakat Dusun selamet menjadikan hewan satu ini sebagai primadona binatang ternak selain sapi tentunya. Dikarenakan terutama saat lebaran Haji harga hewan kurban di Bawean mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 


Dalam komsosnya Serda Imam mengatakan bahwa dalam berternak kambing untuk perawatan dan pemeliharaannya tergolong gampang gampang susah. Namun untuk di Dusun selamet khususnya dan Pulau Bawean pada umumnya memiliki banyak kemudahan karena tersedianya banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya.


“Ada beberapa cara untuk mengakali makanan pengganti untuk hewan ternak kambing apabila tidak ada dedaunan ataupun rumput di saat musim kemarau, yaitu dengan cara fermentasi dari bahan bekatul, tetes tebu, air kelapa dan air cucian beras yang di endapkan terlebih dahulu. Ilmu tersebut saya  dapatkan dari hasil pengalaman pribadi saat berternak Kambing di kampung halaman.”kata Serda Imam.


“Asupan makanan dalam berternak kambing sangat perlu diperhatikan dan apabila perlu memandikan kambing sebulan sekali untuk menjaga stamina dan kebugarannya. Disamping itu juga nggak kalah penting tentang kebersihan kandang. Dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar akan membuat hewan menjadi sehat sehingga tidak rentan akan penyakit.”imbuhnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads