Breaking

Post Top Ad

1/11/2023

Dua Babinsa Komsos Berikan Motivasi Serta Arahan Kepada Peternak dan Pemotong Ayam

Gresik, pojokpudak.com



Guna mempererat tali silaturahmi, dua anggota Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang, Serda Andrias dan Serda Sukoco melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menyambangi peternak ayam dan pemotongan ayam milik H. Karjo, di Desa  Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Rabu (11/1/2023) pagi. 


Pelaksanaan Komsos ini merupakan tugas rutin yang kami laksanakan. Selaku Aparat Teritorial setempat, kami harus mengetahui perkembangan wilayah binaan. Melalui sarana Komsos ini, akan dapat mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat di wilayah binaan, maka setiap kegiatan yang dilaksanakan Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat. Dengan rutin melaksanakan Komsos di desa binaannya, maka Babinsa dapat mengetahui permasalahan yang ada di wilayah binaannya, serta cepat mencari solusi dari permasalahan tersebut. Katanya dua Babinsa, dengan di barengi senyum kasnya. 


Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap program Pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.


Lebih jauh dua Babinsa menjelaskan cara memelihara ayam agar cepat berkembang, serta menjelaskan cara menanggulangi penyakit yang sering muncul di peternakan ayam.


Dengan adanya peternak dan pemotongan ayam tersebut dapat memberdayakan tenaga kerja di lingkungan sekitar, dan menambah lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Yang dari hasil produksinya dijual di pasar-pasar terdekat seperti di pasar Balongpanggang, Mantup (Kabupaten Lamongan) dan Kabupaten Mojokerto.


Pada kesempatan itu, kita berdua mengingatkan peternak mulai dari pemberian makan yang rutin dan tidak lupa agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat kerja, supaya terhindar penyakit yang menular terhadap ayam potong, serta diberikan  disinfektan di dalam kandang  agar tetap terjaga kesehatan, kebersihan dan kwalitas ayam potongnya.


Perlu di ketahui, untuk masyarakat sekitar, pemotongan ayam milik Karjo dapat  langsung beli di tempat, dan bagi peternak ikan lele dapat mengambil usus ayam potong yang kurang bagus untuk konsumsi hewan ternaknya. Tambahnya. 


Ia melanjutkan, Babinsa akan terus memberikan motivasi, dorongan dan ide-ide yang bermanfaat agar wilayah binaannya menjadi berkembang, juga dengan harapan semakin banyaknya masyarakat lebih produktif, sehingga akan tercipta lapangan kerja bagi warga sekitar.


“Kita berharap dengan melaksanakan kegiatan positif dan bermanfaat, akan turut mengurangi jumlah pengangguran yang ada,” terangnya.


Sementara itu, di tempat sama Karjo selaku pemilik peternak dan pemotongan ayam menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang selalu memberikan masukan dan dukungan kepada warga tentang perkembangan hewan ternak. Sehingga kami menjadi termotivasi dan semangat dalam beternak. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads