Breaking

Post Top Ad

1/18/2023

Komsos Babinsa Bungah, Berikan Motivasi Usaha Warga Binaan untuk Berkembang Lebih Maju

Gresik, pojokpudak.com


Memiliki tugas dan tanggung jawab di wilayah, Babinsa sebagai pembina desa kerap turun langsung hadir ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan selain untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah, juga memberikan motivasi untuk mendorong kemajuan usaha-usaha masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan binaan di wilayah.


Dalam monitoring wilayah, Sertu Didik Babinsa koramil 0817/15 Bungah melaksanakan kegiatan Komsos dengan  Bapak Hanif yang memiliki usaha sebagai penjual pakan dan sangkar burung bertempat di Desa Sukorejo Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Rabu (18/01/2023).


Jika diperhatikan, hampir di setiap daerah terdapat tempat jual pakan burung tapi jumlahnya belum tentu banyak. Untuk usaha menjual pakan burung sebenarnya lebih menguntungkan daripada menjual burung. Bisa dimulai dengan modal kecil hanya menjual pakan saja, berjalannya waktu akan berkembang dengan memperhatikan selera pasar atau jenis burung apa yang banyak dipelihara serta makanan apa yang dibutuhkan.


Saat ditemui Babinsa, Bapak Hanif mengatakan bahwa usahanya diawali cuma menjual pakan burung saja, namun dengan berkembangnya usahanya, sekarang bisa menjual berbagai kebutuhan pemeliharaan burung, dari vitamin burung, tempat minum hingga sangkar burung. 


“Bermula saya hobi pelihara burung, namun agak kesulitan mencari pakannya soalnya jauh dari rumah," kata Bapak Hanif.


“Usaha cepat berkembang karena disekitar sini banyak juga yang hobi pelihara burung, khususnya burung berkicau," ungkapnya.


Ditempat yang sama, Sertu Didik menyarankan agar memanfaatkan sosial media (Sosmed) sebagai media untuk jualan agar lebih dikenal dengan tujuan untuk menambah penghasilan. 


“Tanpa adanya promosi tidak akan banyak orang tahu, ya sekitaran sini saja yang tahu," kata Sertu Didik.


“Sering  mempromosikan jualan lewat Sosmed sangatlah menguntungkan, misal memasang daftar harga yang bersaing dan sebagainya. Agar usaha penjualan pakan burung tetap stabil, saya juga menyarankan haruslah selalu memahami kebutuhan pasar dan kalau bisa ikut bergabung dengan komunitas burung, sebab disitu juga dapat menemukan target pembeli," uacapnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads