Breaking

Post Top Ad

2/04/2023

Dipimpin Komandan Sinaga, Damkarla Gresik Satu-satunya Daerah di Jawa Timur Terima Bantuan Pompa Pemadam dari Pemerintah Pusat Lantaran Aktif dan Tanggap Tangani Bencana

Gresik, pojokpudak.com


 

Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarla) Kabupaten Gresik menerima bantuan sarana dan prasarana untuk mendukung penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) Sub Urusan Kebakaran Kepada Pemerintah Daerah.


Penyerahan bantuan dari pemerintah pusat tersebut secara simbolis dilakukan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Syafrizal ZA kepada Kepala Damkarla Kabupaten Gresik Agustin Holomoan Sinaga di Hotel Millenium Jakarta Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023). 


Bantuan sarana dan prasarana berupa pompa tersebut diberikan kepada 14 daerah, diantaranya Kabupaten Aceh Barat Daya , Kabupaten Lhokseumawe, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten, Kabupaten Bima, Kabupaten Banjarmasin, Kabupaten Sigi, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kabupaten Gresik. 


Sedangkan 14 daerah lainnya mendapatkan bantuan kendaraan operasional, diantaranya Kota Sabang, Kabupaten Aceh Jaya, Kota Subulassalam, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Batang, Kabupaten Tulungagubg, Kabupaten Bima, Kabupaten Luwu, dan Kota Kendari. 


Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Syafrizal ZA dalam sambutannya mengatakan, bantuan pompa pemadam dan sepeda motor trail ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam hal menangani bencana.


“Meskipun urusan dasar merupakan kewajiban pemerintah daerah,” ujarnya. 


Kepala Damkarla Gresik Agustin Holomoan Sinaga menuturkan, Kabupaten Gresik menjadi satu-satunya daerah dari Provinsi Jawa Timur yang menerima bantuan pompa pemadam dari pemerintah pusat. Bantuan ini dalam rangka peningkatan kualitas layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan, serta penanggulangan bencana di daerah.


“Gresik satu-satunya daerah di Jawa Timur yang menerima bantuan dari 506 kab/kota di Indonesia,” kata Sinaga, Jumat (3/2/2023). 


Sinaga menjelaskan bahwa bantuan pompa dan kendaraan operasional ini sangat membantu kinerja daerah dalam menjalankan tugas penanganan kebakaran dan penyelamatan, serta penanggulangan bencana. Sehingga dapat memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. 


“Tentu sangat membantu sekali dalam hal pelayanan penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, termasuk kebakaran dan penyelamatan, serta penanggulangan bencana. Karena itu kami sangat berterima kasih atas bantuan ini,” ucapnya.


Pihaknya berharap bantuan yang telah diterima ini bisa menjadi sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Khususnya terkait penanganan kebakaran dan penyelamatan, serta penanggulangan bencana. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads