Breaking

Post Top Ad

4/01/2023

Camat Amri : Kali Lamong Meluap Banjiri 6 Desa Di Wilayah Kec. Balongpanggang, Kepada Pemdes Agar Tetap Pantau Perkembangan di Desa Masing - masing

Gresik, pojokpudak.com


Akibat hujan lebat area Gresik Selatan khususnya wilayah Kecamatan Balongpanggang serta sekitar Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten  Lamongan, air kali lamong meluap  merendam 6 Desa. Kata Camat Balongpanggang M. Amri, Sabtu (1/4/2023) siang melalui WhatsAppnya. 


Lebih jauh M. Amri menjelaskan," Dimana pada hari Jumat (31/3/2023)di wilayah Kabupaten Mojokerto serta Kabupaten Lamongan dan sekitarnya terjadi hujan sagat lebat, sehingga mengakibatkan sungai Kali Lamong  tidak bisa menampung air hujan tersebut. Karena debit air bertambah semakin banyak, sehingga air meluber ke Jalan Poros Desa (JPD), jalan lingkungan serta merusak beberapa fasilitas umum Jembatan Menghubungkan perbatasan Kabupaten Mojokerto - Kabupaten Gresik mengalami longsor atau berlubang akibat tergerus air dan area pertanian di wilayah Kecamatan Balongpanggang. Jelasnya. 


Enam desa tersebut diantaranya 

Desa Wotansari

Tinggi genangan : 20-70 cm

Rumah terendam : 235 rumah

Area persawahan : 12 Ha

Jalan poros desa : 500M

Jalan lingkungan : 1.220 M


Desa Sekarputih

Tinggi genangan :  20-70 cm

Rumah terendam : 160 rumah

Area persawahan :  32 Ha

Jalan poros desa :    0 M

Jalan lingkungan : 650 M


Desa Dapet

Tinggi genangan :  50-100 cm

Rumah terendam : 10 rumah

Area persawahan :  17 Ha

Jalan poros desa :    0 M

Jalan lingkungan : 300 M


Desa Banjaragung 

Tinggi genangan :  20-40 cm

Rumah terendam : 30 rumah

Area persawahan :  10 Ha

Jalan poros desa :  - M

Jalan lingkungan : 400 M


Desa Karangsemanding

Tinggi genangan :  30-50 cm

Rumah terendam : 25 rumah

Area persawahan :  25 Ha

Jalan poros desa : 200 M

Jalan lingkungan : 300 M


Desa Pucung

Tinggi genangan :  30-60 cm

Rumah terendam : - rumah

Area persawahan :  25 Ha

Jalan poros desa : 300 M

Jalan lingkungan : 100 M. Katanya. 



Dengan kejadian banjir tersebut Amri menghimbau agar masyarakat wilayah Kecamatan Balongpanggang khusunya pada desa terdampak luapan kali lamong supaya waspada, mengingat luapan ini masih ada sedikit kenaikan meski lebih lambat dan air yang datang lebih jernih. Untuk itu tetap menjaga kesehatan.


Kepada Pemdes atau perangkat desa agar tetap pantau perkembangan di desa masing masing dan selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait maupun tim kesehatan. Terlebih lagi terkait apa diperlukan dapur umum atau tidaknya kita harus cek perkembangan lebih lanjut.


Dengan harapan luapan ini segera surut dan masyarakat dapat beraktifitas kembali, mengingat saat ini banyak aktifitas desa, terkait mengisi kegiatan di bulan suci ramadhan. Tambahnya. (Dyo)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads