Breaking

Post Top Ad

4/27/2023

Demi Kemajuan Budidaya Komoditas Tomat, Koptu Yoyok Dampingi Wilayah Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Permintaan pasar terhadap komoditas tomat dari masa ke masa terus meningkat. Hal ini dibarengi dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kebutuhan untuk mencukupi gizi, selain itu tomat juga dipergunakan untuk bahan baku olahan makanan maupun sambal. Serta diperlukan oleh kalangan tertentu untuk bahan pembuatan obat-obatan.


Oleh karena pentingnya mengembangkan potensi komoditas tomat di wilayah binaan, Koptu Yoyok Babinsa Ketapang Lor Koramil 0817/13 Ujungpangkah melaksanakan kegiatan pendampingan panen tomat yang dilakukan oleh para warga petani tomat di kebunnya yang berada di Desa Ketapang Lor, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik. Kamis (27/04/2023).


Sembari mendampingi dan membantu proses panen tomat, ia menuturkan bahwa perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan sektor budidaya tanaman tomat agar kedepan mencapai hasil panen yang lebih baik lagi. Sasarannya untuk mendapat hasil panen tomat yang lebih melimpah dan lebih segar buahnya sehingga lebih tahan lama juga tidak cepat busuk.


Disela-sela memetik buah tomat, Koptu Yoyok mengatakan bahwa untuk mencapai peningkatan hasil maka perlu diperhatikan kondisi tanah tempat penanaman tomat. Menurutnya, tanah yang telah dipakai menanam hingga sekali panen harus dilakukan pemupukan. Hal ini untuk menggantikan unsur hara yang telah berkurang dalam kandungan tanah.


"Pemupukan yang tepat akan membuat tanah sebagai media tanam tomat menjadi subur dan cukup nutrisi untuk mendukung pertumbuhan yang optimal bagi tanaman tomat. Saya sarankan memakai pupuk yang mengandung mineral N, P dan K," terangnya.


Babinsa Koptu Yoyok juga menyampaikan, tak kalah pentingnya dalam berbudidaya tanaman tomat adalah kayu bambu untuk sokongan dan sebagai pondasi pertumbuhan dari batang tomat, sehingga tanaman bisa berdiri tegak. 


"Dengan adanya sokongan dari bambu tersebut tanaman tomat akan tumbuh subur dan menghasilkan buah yang besar serta melimpah. Hal ini juga berpengaruh mencegah sentuhan buah tomat dengan tanah agar tidak cepat busuk," ujarnya.


Pendampingan Babinsa yang selalu aktif membantu para petani tomat binaan dalam berbudidaya tanaman tomat sangat berpengaruh demi kemajuan komoditas tomat di wilayah, untuk memenuhi permintaan pasar dan masyarakat luas. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads