Breaking

Post Top Ad

4/28/2023

Mendorong Semangat Usaha Warga Binaan, Sertu Supriyanto Sambangi Pembuatan Kapal Nelayan

Gresik, pojokpudak.com


Bentuk upaya dalam mendorong semangat usaha warga masyarakat di wilayah binaan, Sertu  Supriyanto Babinsa Koramil 0817/14 Panceng mengunjungi usaha Bapak Panji dalam pembuatan kapal nelayan di Desa Campurejo Kec. Panceng Kab. Gresik, Kamis (27/4/2023).


Masyarakat pesisir di Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik mayoritas penduduknya melakukan aktifitas sosial ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya wilayah pesisir dan lautan. 


Dengan kondisi tersebut masyarakat pesisir memiliki ketergantungan yang cukup tinggi dengan potensi dan kondisi sumber daya pesisir dan lautan sehingga tingkat perekonomian masyarakat pesisir mayoritas tergantung dari hasil kerjanya sebagai nelayan.


Berangkat dari itu, usaha Panji dalam pembuatan kapal sangat dibutuhkan oleh nelayan masyarakat sekitar.


Saat ditemui Babinsa, Panji menceritakan pengalamannya dalam pembuatan kapal nelayan yang sudah lama digelutinya pada saat melakukan pekerjaannya pemasangan lunas kapal.


"Lunas merupakan bagian terbawah kapal yang terendam di dalam permukaan air, ini berfungsi melindungi dasar kapal apabila terjadi pergeseran atau gesekan dengan dasar perairan atau apabila kandas. Disamping itu fungsi lunas juga sebagai penyeimbang kapal terhadap olengan yang mungkin terjadi saat berlayar,"ungkapnya.


"Lunas terdiri dari berbagai jenis yaitu lunas dasar, lunas tegak serta lunas lambung dan masa pemasangannya bisa dilakukan secara berkala,"katanya.


"Dalam pembuatan kapal dibutuhkan pengalaman juga, disamping harus bisa memilih dan memilah bahan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pemesan."imbuhnya.


Di sela-sela perbincangan, Sertu Supriyanto mengatakan bahwa usaha Panji sangatlah berpotensi untuk berkembang sebab dibutuhkan oleh masyarakat sekitar sebagai nelayan. 


"Diharapkan dengan pengalaman Panji dalam pembuatan kapal dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan terus dilestarikan serta bisa ditularkan pada generasi sehingga juga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat daerah."kata Babinsa. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads