Breaking

Post Top Ad

5/22/2023

Manfaatkan TKD, Pemdes Raci Tengah Bangun Sarana Lapangan, Play Groud dan Central UMKM

Gresik, pojokpudak.com


Memanfaatkan Tanah Kas Desa (TKD) seluas 1 Hektar, Pemerintah Desa (Pemdes) Racitengah Kecamadan Sidayu, Kabupaten Gresik akan menyulap TKD menjadi sarana olahraga, sarana bermain anak dan central UMKM.


Program pembangunan jangka panjang yang sudah masuk pada RPJMDes ini bentuk keperdulian Pemdes Racitengah untuk mengoptimalkan program kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan TKD menjadi sarana lapangan multifungsi dan nantinya akan menjadi Icon Desa. Harapannya, perekonomian desa menjadi bergairah dan masyarakat bisa menikmati hasil dari pembangunan Desa.


"Tahap awal sudah kita lakukan dengan pembangunan sarana lapangan secara umum dengan progres masih 5 persen, sebelumnya juga sudah dibangun lapangan voly tapi belum sempurna dan untuk lapangan badminton dan futsal direncanakan tahun depan. Tempat kios central UMKM sudah dibangun dengan model kanopian dan sudah ada 9 gerobak," Jelas Kades Racitengah, Abdul Rozak, Spd pada Sabtu (20/5/2023).


Lebih lanjut dikatakan, konsep Pemdes Raci Tengah memanfaatkan TKD menjadi lapangan serbaguna dan menjadi Icon Desa, diantaranya akan dibangun fasilitas lapangan Futsal, lapangan Volly, lapangan Badminton, tempat bermain anak (play groud), sarana tempat hajatan, taman dan juga akan menjadi pusat pelaku UMKM.


"Dengan konsep itu, Desa akan memiliki sarana dan fasilitas yang memadai sehingga warga tidak keluar untuk menyalurkan hobi olah raga dan sebagai wisata di lingkup Desa," tutur Kades yang baru setahun lebih menjabat.


Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan para pelaku UMKM dan meningkatkan ekonomi rakyat ditempat itu sudah dibangun tempat kios dan gerobak untuk berjualan. " Saat ini sudah dibangun kios kanopi dan 9 gerobak UMKM, dan nantinya akan menjadi central UMKM," jelasnya.


Lebih lanjut dijelaskan Andul Rozak, untuk merealisaikan program ini,  Pemdes Racitengah telah mengajukan anggaran dan pelaksaannya akan dimulai pada tahun 2024.


"Setelah program ini selesai, untuk meramaikan lapangan akan dibuat event kejuaraan baik badminton, volly maupun futsal. Sehingga dapat mendongkrak ekonomi kerakyatan di desa Racitengah. Semoga program ini berjalan lancar dan sesuai dengan harapan," ujarnya.


Sementara itu, untuk meningkatkan PADes, Desa Racitengah juga memiliki unit usaha peternakan dan penggemukan hewan kambing yang saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) "Karya Usaha Bersama".


"Untuk Bumdes, saat ini masih merintis dan Alhamdulillah sudah ada 37 ekor kambing yang dirawat," jelasnya.


Kedepan, Pemdes Racitengah berharap Bumdes yang memiliki unit ternak ini bisa berkembang dan memiliki unit usaha lainnya sehingga dapat mendongkrak PADes. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads