Breaking

Post Top Ad

5/02/2023

Satu-satunya di Jatim! Vika Permata Joe Siswi MAN 2 Gresik Raih Beasiswa LPDP dan Diterima di 5 Kampus Luar Negeri Sekaligus

Gresik, pojokpudak.com


Vika Permata Joe, siswi MAN 2 Gresik yang kini duduk di kelas XII IPA 1 mendapatkan Beasiswa S1 Luar Negeri dari Beasiswa Indonesia Maju (BIM), Puspresnas, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Vika diterima di University of Toronto, Canada pada Jurusan Statistics and Operational Research.


Beasiswa Indonesia Maju (BIM) adalah program beasiswa yang diberikan kepada peserta didik/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. BIM terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non gelar (non degree). Program beasiswa bergelar jenjang S1 dan S2 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, sedangkan program beasiswa non gelar, yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri, dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional. 


BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri adalah program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.


Perluasan Program LPDP merupakan inisiasi Kemdikbudristek yang telah dimulai pada tahun 2021 lalu. Melalui program ini, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola oleh LPDP dapat menjangkau sasaran yang lebih luas, beragam dan lebih tepat sasaran. 


Pada tahun 2022 melalui program degree yang dapat membiayai beasiswa mulai jenjang S1 sampai dengan jenjang S3 direncanakan akan dapat mendanai 3000 lebih penerima beasiswa baru agar dapat meneruskan studi di jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Kemdikbudristek selalu berkomitmen penuh untuk menjaga ketersediaan dana dan keberlangsungan program beasiswa demi mewujudkan cita-cita bersama: SDM Unggul Indonesia Maju.


Sebelum meraih beasiswa BIM dari LPDP ini, Vika sudah mendapat surat penerimaan dari 4 kampus luar negeri lainnya, antara lain:


1. Actuarial Science, Monash University, Australia


2. Environmental Sciences, Wageningen University, Belanda


3. International Land and Water Management, Wageningen University, Belanda


4. Bachelor of Science, University of British Columbia, Canada



Prestasi siswi MAN 2 Gresik ini tidak terlepas dari kerja keras mereka dalam mempersiapkan diri mereka untuk menjadi pribadi yang kompetitif dan berpengetahuan luas. Pihak madrasah selama ini terus berupaya memberikan fasilitas dalam beragam kegiatan maupun pendampingan agar potensi siswa didik bisa dioptimalkan.


“Tugas kami di madrasah untuk terus membina dan memberdayakan potensi siswa-siswi agar bisa dioptimalkan,” ungkap Ahmad Zubaidi Amrullah, guru Bahasa Inggris yang selama ini mendampingi Vika sejak proses pendaftaran beasiswa di bulan Oktober 2022 lalu.


Wakil Kepala MAN 2 Gresik bidang kesiswaan Trinaryah, S.Pd. mengatakan, prestasi Vika ini menambah daftar panjang prestasi Madrasah.  Sebelumnya, tercatat ada 63 siswa MAN 2 Gresik yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Selain itu melalui jalur SPAN-PTKIN juga ada 47 siswa MAN 2 Gresik yang diterima.


“Semoga dilancarkan dalam proses study lanjut ke luar negeri, Vika. Banyak sekali prestasi yang Vika persembahkan selama tiga tahun di MAN 2 Gresik. Yang terakhir ini adalah yang paling membanggakan,” tandas Kepala MAN 2 Gresik Drs. H. Samari, MM sembari menyampaikan doa tulusnya begitu menerima kabar ini, Minggu (30/4/2023). 


Menanggapi keberhasilan tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Drs. H. Moh. Ersat, M.HI mengucapkan syukur atas prestasi demi prestasi yang tidak pernah berhenti ditorehkan oleh siswa MAN 2 Gresik. 


"Salah satu keberhasilan madrasah tolak ukurnya atas raihan prestasi yang berhasil diraih oleh siswanya di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah yang luar biasa," tegas mantan Kepala Kemenag Sampang Madura ini didampingi Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Dra. Hj. Masfufah, M.Pd. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads