Breaking

Post Top Ad

8/30/2023

Desa Ngabetan Maknai Kemerdekaan RI ke-78 Dengan Guyub Rukun Sak Lawase

Gresik, pojokpudak.com


Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, dirayakan meriah Pemerintah Desa Ngabetan, Kecamatan Cerme, Gresik, Minggu 27 Agustus 2023.


Kemerdekaan Republik Indonesia memberikan makna tersendiri dalam kehidupan masyarakat Desa Ngabetan ini, semangat, bukti rasa tinggi nasionalisme.


Sebagai puncak peringatan, ribuan warga Desa Ngabetan menggelar Panggung Gebyar Kemerdekaan RI ke-78 dengan tema "Guyub Rukun Sak Lawase".


Diungkapkan Kepala Desa Ngabetan, Muchammad Taufiq rasa cinta Tanah Air seakan mengajarkan warga, bagaimana memaknai kemerdekaan sesungguhnya.


Bergotong royong dan tenggang rasa, hal itu terlihat saat ribuan warga desa Ngabetan mengikuti acara Jalan Sehat dan juga antusias para UMKM warga yang menjajakan produknya.


"Berkaca dari momen semangat, dan hangatnya suasana HUT RI di Ngabetan, menjadi cermin bagaimana masyarakat desa dalam pembangunan bangsa ini," katanya saat sambutan.


Peringatan Kemerdekaan kali ini menjadi momen tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat di desa Ngabetan, setelah beberapa tahun vakum akibat Covid-19.


Taufiq melanjutkan, Pemerintah desa mengimbau, orang tua untuk menjaga dan mengawasi putra putrinya yang remaja, untuk tidak terjerumus pada kenakalan remaja, terutama narkoba.


"Guyub rukun juga dalam pengawasan keluarga khususnya putra-putri kita, agar bersama-sama mengawasi pergaulan nya. Jangan sampai main-main dengan narkoba," tukasnya.


Sementara itu, Camat Cerme Umar Hasyim hadir di lokasi mengaku bangga, kebersamaan dan guyub rukun warga Desa Ngabetan dalam memaknai Kemerdekaan RI ke-78.


"Tidak sekedar momen tertentu saja, kami harap guyub rukun terus dijaga sebagai pegangan bermasyarakat. Terpenting lagi menjaga generasi muda sebagai penerus kita," cetusnya.


Menurut Umar, sangat penting bgai warga untuk saling perduli mengawasi dan menjaga generasi muda dari hal-hal negatif, seperti kenakalan remaja, bahaya narkoba dan judi online.


"Makna kemerdekaan ini kita jadikan penyemangat bagi generasi muda untuk meningkatkan kreatifitas dan terhindar dari hal negatif. peran serta warga, tokoh masyarakat sangat penting," tukasnya.


Sebagai catatan, acara berlangsung di Perum Bhummi Cermai Apsari dikemas dengan jalan sehat, karnaval serta sentra makanan dari UMKM setempat.


Bersamaan dengan acara diatas, juga menggelar parade Sepeda Onthel Tua dari pelbagai komunitas, diinisiasi oleh Komunitas Gowes Kejambon (KGK) Sepeda Onthel Tua Desa Ngabetan.


Ratusan sepeda tua gowes mengelilingi desa, mereka memaknai Kemerdekaan RI ini peduli terhadap sesama anggota dan menjunjung tinggi nilai perjuangan para pahlawan. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads