Breaking

Post Top Ad

8/28/2023

Kemeriahan Warga Desa Mojosarirejo Rayakan HUT RI ke-78 Sekaligus Sedekah Bumi. Kades Sukendah : Tahun Depan Lebih Meriah Lagi

Gresik, pojokpudak.com


Berbagai macam cara mensyukuri hasil bumi yang melimpah sebagai salah satu karunia yang diberikan oleh sang pencipta. Seperti yang dilakukan warga Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.


Warga mewujudkan rasa syukur tersebut dengan mengelar sedekah bumi sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78 yang digelar di lapangan desa setempat, Minggu (27/8/2023).


Dalam tradisi turun temurun yang digelar rutin tiap tahun ini, selain kenduren atau tumpeng kecil yang dibawa dari rumah masing – masing, ada juga satu gunungan tumpeng raksasa yang disusun dari berbagai macam jajanan.


Gelaran tradisi yang sengaja dibarengkan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia ini diawali dengan karnaval jalan sehat. kemudian dilanjutkan dengan  istighosah.


Usai istighosah dan tahlil, warga pun langsung menyerbu gunungan tumpeng untuk berebut aneka makanan yang telah didoakan bersama-sama. Masyarakat meyakini, gelaran sedekah bumi akan membawa keberkahan.


Setelah itu, pihak pantia mengundi dan memberikan door prize kepada warga peserta jalan sehat. Tak berhenti disitu, menginjak malam hari, warga disuguhkan dengan pagelaran budaya campur sari yang siap menghibur warga semalam suntuk.


Sukendah selaku kepala desa ketika ditemui mengatakan antusias warga memeriahkan sedekah bumi dan sekaligus hari kemerdekaan pada tahun ini patut diacungi jempol. 


" Harapan saya kepada warga kekompakan seperti ini harus dipertahankan dan tahun depan kami upayakan harus ada peningkatan lagi, lebih meriah lagi karena ini untuk mempererat tali silaturahmi salah satunya antar warga salah satunya warga perumahan yang ada di Desa Mojosarirejo", pungkas kades.


Selain warga desa dan pihak pemdes, kegiatan itu juga turut dihadiri Muspika Driyorejo dan Anggota Dewan Kabupaten Gresik Kamjawiono. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads