Breaking

Post Top Ad

9/03/2023

Megahnya Pawai Karnaval Dusun Sekarputih, Dengan Diikuti Ribuan Peserta

Gresik, pojokpudak.com


Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78 semakin memikat hati warga Kecamatan Balongpanggang.


Dari pagelaran seni budaya hingga pawai karnaval dengan ragam pakaian adat, tumpengan, dan perwakilan profesi, segala aspek kehidupan terwakili dalam rangkaian acara.


Salah satu pusat kegiatan berada di Dusun Sekarputih Desa Sekarputih, di ikuti ribuan peserta yang memukau pengguna jalan.


Di Dusun Sekarputih Desa Sekarputih semarak tiba melalui pawai karnaval yang melibatkan seluruh warga Dusun Sekarputih dengan semangat menghiasi perayaan HUT RI Ke-78, Minggu (3/9/2023) pagi.


Pawai karnaval, yang menempuh jarak sekitar 5 kilometer dan melingkari Desa Sekarputih dan Desa Dapet dengan di ikuti oleh 7 RT, dan diramaikan oleh atraksi.


Tidak hanya mempertontonkan beraneka ragam pakaian adat, profesi, dan pakaian pahlawan pejuang kemerdekaan, namun juga menghormati semangat persatuan dalam kebhinekaan tunggal ika, yang meramaikan pesta perjuangan HUT RI Ke-78. Kata Kepala Desa (Kades) Sekarputih Syamsuddin, saat mengikuti karnaval dengan mengendarai kereta kencana. 


Lebih jauh Syamsuddin mengatakan bahwa perayaan HUT RI di Dusun Sekarputih adalah sebuah warisan budaya yang diusung masyarakat dengan bangga sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan kemerdekaan RI. Alhamdulillah semua terlaksana berkat dukungan semua pihak," Katanya. 


Sementara salah satu peserta karnaval yang akrab disapa Mas. Yadi mengungkapkan antusiasme luar biasa masyarakat dalam mengikuti acara ini. Disini kita ada Keris Mpu Gandring yang ditampilkan juga mencuri perhatian pengguna jalan, karena kerisnya bisa putar putar mas," Jelasnya dengan di warnai senyum kasnya. 


Tidak hanya Keris Mpu Gandring ada juga Anoman, Bandeng, Macan, Lembu Brahma, Putri Solo, Buto Ijo, dan gunungan hasil bumi yang menggambarkan kekayaan dan potensi desa.


Ia berharap kegiatan semacam ini akan terus berlanjut untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan desa. Tambahnya. 

Perlu di ketahui pelaksanaan karnaval tersebut mengambil star dan finis di kantor Balai Desa Sekarputih. Dan di suguhi dengan berbagai hadiah. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads