Breaking

Post Top Ad

10/19/2023

Ratusan Mahasiswa UMG, Ke 43 di Wisuda

Gresik, pojokpudak.com


Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) kembali menggelar wisuda di Graha Kartini Ballroom, Kamis (19/10/2023). Dalam wisuda ke-43 ini total ada 488 mahasiswa yang lulus. Hebatnya, satu mahasiswa berhasil meraih IPK sempurna atau 4.00. 

Adapun wisudawan dan wisudawati tersebut berasal dari 27 Program Studi mulai jenjang Diploma (D3) sebanyak 7 orang, Sarjana (S-1) sebanyak 474 orang, hingga jenjang Pasca Sarjana (S-2) sebanyak 7 orang.  

Selain wisudawan dan wisudawati beserta orang tua, hadir pula beberapa tamu diantaranya Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang diwakili oleh Prof. Dr. H. Achmad Nurmandi, M.Sc., Pimpinan Wilayah Muhammadiyah diwakili oleh Prof. Dr. Biyanto, M.Ag., yang juga merupakan Ketua BPH UMG, perwakilan dari LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Kopertais Wilayah IV Jawa Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gresik serta Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Gresik. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Nadhirotul Laily dalam sambutannya mengatakan bahwa, UMG berbangga dapat kembali melepaskan lulusannya untuk berkontribusi dalam masyarakat. 

Dia mengingatkan pada seluruh wisudawan dan wisudawati untuk dapat mengabdi di tengah-tengah masyarakat dengan penuh kesungguhgan dan integritas. 

“Mohon diingat bahwa saudara adalah seorang ilmuwan, seorang ulul al-baab yang ditinggikan derajatnya oleh Allah, sehingga ilmu yang Saudara punya harus disertai dengan etika dan moral sehingga mampu membawa kebaikan pada umat manusia,” kata Nadhirotul. 

Selama enam bulan terakhir, lanjut Nadhirotul, berbagai raihan prestasi diraih universitas, dosen dan juga mahasiswa. Diantaranya, UMG yang berhasil meningkatkan akreditasi menjadi Baik Sekali dari BAN-PT. Selain itu juga UMG meraih peringkat 1 Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Gresik versi Kemdikbud. Beberapa capaian bidang kemahasiswaan yang diraih UMG termasuk diantaranya peringkat 34 Nasional SIMKATMAWA, peringkat 13 Nasional SIMKATMAWA pada LIGA 2, beberapa proposal lolos Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). 

Selain itu pada gelaran Porprov Jatim yang lalu pun beberapa atlet yang merupakan mahasiswa di UMG berhasil memenangkan banyak medali baik emas, perak maupun perunggu. Ditambah dengan banyaknya dosen yang menjadi pembicara di luar negeri dan mendapatkan beasiswa menunjukkan komitmen UMG dalam menyiapkan bekal lulusannya untuk berkarya di masyarakat. 

"Wisuda kali ini terasa lebih istimewa karena ada satu wisudawan bernama Choirul Anam yang lulus dengan IPK sempurna yakni 4.00," ungkapnya. 

Nadhirotul menyebut bahwa banyak lulusan UMG yang mendapat pekerjaan secara cepat. "Data di kami banyak wisudawan mendapat pekerjaan 1 sampai 2 bulan setelah lulus. Bahkan ada juga yang dapat kerja sebelum lulus," jelasnya. 

Sementara, wisudawan terbaik, Choirul Anam mengaku senang bisa menjadi lulusan terbaik di Wisuda UMG ke-43 kali ini. Ia berhasil lulus 8 semester atau 4 tahun di program studi Teknik Kimia. 

"Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik," ujar Choirul. 

Choirul bercerita, dia mengambil kuliah di kelas sore karena paginya harus bekerja di salah satu Pabrik di Gresik. Meski begitu, dia tidak lupa berusaha agar tidak ketinggalan pelajaran. 

"Kalau telat saya selalu meminta materi pelajaran ke teman dan kalau ada kesulitan langsung tanya ke dosen," terang lulusan pertama dari prodi ini. 

Tak hanya wisudawan dari Indonesia saja, aja juga wisudawan yang berasal dari luar negeri yakni dari Negara Thailand bernama Muslim Deemae dari prodi Manajemen. Ia bahkan sudah diterima kerja di Malaysia. (Dyo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads