Breaking

Post Top Ad

11/13/2023

Sosialisasikan Perda Tentang Perizinan Makanan dan Minuman, Wongso Negoro Ajak Pelaku UMKM Wajib Mengurus NIB

Gresik, pojokpudak.com


Anggota DPRD Gresik Wongso Negoro dari Fraksi Golkar kembali melaksanakan Sosialisasi Perundang-undangan yang dilaksanakan di kediamannya, Dusun Bongsowetan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Minggu (12/11/2023).


Sosialisasi peraturan perundang-undangan tersebut dilaksanakan supaya semua kebijakan yang diterbitkan oleh pemerintah, khususnya di Kabupaten Gresik bisa dipahami oleh masyarakat, sehingga penerapannya berjalan optimal.


Sosper tahap VIII tahun 2023 itu membahas mengenai Perda Kabupaten Gresik No. 5 tahun 2019 tentang Perizinan Usaha Jasa Makanan dan Minuman.


Wongso Negoro yang anggota Komisi I sekaligus Ketua Fraksi Partai Golkar pada kesempatan itu mengajak masyarakat terutama para pelaku usaha makanan dan minuman (Mamin) untuk mengurus ijin usaha melalui OSS secara online atau ke Mall Pelayanan Publik.


”Para pengusaha di bidang makanan dan minuman di Kabupaten Gresik diwajibkan mengurus Nomor Izin Berusaha (NIB) melalui aplikasi OSS secara online di Mall Pelayanan Publik pada Dinas DMPPTSP  tanpa biaya (gratis). Hal ini sesuai dengan Perda Gresik No. 5 Tahun 2019,” ungkapnya.


Sementara itu, Fauji Budi Setiawan dari dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Gresik selaku narasumber mengupas secara singkat arti perda itu serta menjelaskan kepada masyarakat yang hadir bagaimana cara pelaku UMKM mendapatkan NIB.


" Sangat mudah bagi pelaku usaha untuk mendapatkan NIB, hanya membutuhkan KTP, dan no handphone atau WA, waktunya pun sangat cepat tak butuh waktu lama”, katanya.


Ia pun menuturkan bahwa pelaku usaha wajib memiliki NIB baik pelaku usaha baik itu kelas bawah, menengah maupun kelas atas. namun,  terdapat perbedaan dalam NIB tersebut yakni bagi pelaku usaha yang omsetnya diatas 500 juta wajib dikenakan pajak, sementara untuk pelaku usaha dibawah omset tersebut tidak dikenakan pajak.



Lebih lanjut Fauzi juga menambahkan ada sejumlah keuntungan pelaku usaha memiliki NIB. Salah satunya yaitu memudahkan para pengusaha mamin meminjam kredit di bank untuk meningkatkan usaha yang dijalankan. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads