Breaking

Post Top Ad

3/26/2024

Gelar Silaturahmi Cipta Kondisi Wujudkan Jombang Kondusif Di Bulan Ramadan Dan Idul Fitri 1445 H

Jombang, pojokpudak.com


Perintah Kabupaten Jombang melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Silaturahim Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan Tokoh Agama (Toga) Tokoh Masyarakat (Toma) Kabupaten Jombang, seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Camat, Forkpimcam dan para pejabat instansi vertikal, TNI, Polri dalam rangka Cipta Kondisi di bulan Suci Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445 H/ 2024 M di ruang Bung Tomo Pemkab Jombang, pada Senin (25/3/2024) siang.


Pj Bupati Jombang Sugiat S. Sos, M.Psi. T bersama Forkopimda formasi lengkap memimpin langsung Rakor tersebut. Dalam pengarahannya Sugiat Pj Bupati Jombang menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusi dan kerjasama para tokoh agama/masyarakat, ormas dan forum-forum seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dengan Pemerintah Kabupaten Jombang, sehingga pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif di Kabupaten Jombang dapat berjalan lancar dan situasi Kabupaten Jombang tetap kondusif.


Disampaikan pula bahwa penanggulangan berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun masyarakat juga harus terlibat. 


"Keberadaan para tokoh agama/masyarakat, ormas, serta forum-forum sangatlah berarti dalam upaya preventif yang bertujuan untuk mencegah terjadinya permasalahan besar. Sehingga potensi masalah dapat direspon dan ditanggulangi bersama secara cepat dan tepat guna mewujudkan Jombang yang tenang dan damai", tuturnya.


Termasuk dalam menyikapi penentuan awal Ramadan dan Idul Fitri sering terjadi perbedaan, Pj Bupati  mengajak untuk menyikapi dengan bijaksana agar perbedaan ini tidak mengganggu ukhuwah Islamiyah yang telah berjalan baik.


"Di bulan Ramadan ini, kami mengajak seluruh masyarakat Jombang untuk tetap memelihara kondisi yang aman dan tenteram agar umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusuk dan merayakan Idul Fitri dengan kedamaian", tambahnya.


Lebih lanjut Pj Bupati Sugiat juga mengingatkan untuk menghimbau warga yang rumahnya ditinggal mudik, pastikan untuk meninggalkan rumah dalam keadaan aman, dengan mengunci pintu, jendela, dan pagar dengan baik, serta menitipkan rumah kepada tetangga atau petugas keamanan. Selain itu, tidak lupa memastikan peralatan listrik dan kompor dalam keadaan mati, sehingga tidak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan.


Disinggung juga permasalahan umum di masyarakat yang seringkali terjadi pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri adalah kenaikan harga bahan pokok, makanan dan minuman yang kedaluwarsa, kemacetan lalu-lintas dan lakalantas, serta peningkatan tindak kriminal dan gangguan kamtibmas lainnya, serta solusi yang dilakukan.


"Oleh karena itu, saya mohon agar perangkat daerah terkait, seperti Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, RSUD, dan Satpol PP dapat berkoordinasi lintas sektoral untuk bersama-sama, bersinergi mengantisipasi permasalahan tersebut", tegasnya.


"Kami juga mendorong seluruh warga untuk selalu menjaga kerukunan, kebersamaan, toleransi, dan semangat gotong royong, yang merupakan pondasi utama dalam membangun Kabupaten Jombang", tambahnya.


"Selanjutnya, Saya berharap ke depannya agar masyarakat Jombang tetap memelihara kerukunan dan kebersamaan dalam menyambut pilkada baik Bupati maupun Gubernur pada tahun 2024, serta tidak terpengaruh oleh isu-isu politik yang sedang berkembang. Hal ini penting demi menjaga kondusifitas daerah Kabupaten Jombang, pungkas Pj Bupati Jombang.


Tidak hanya Pj Bupati Jombang, seluruh Forkopimda pada pertemuan tersebut juga menyampaikan tugas pokok fungsinya, mulai dari Kapolres  Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi, Komandan Kodim 0814 Letkol Kav Devid Eko Junanto, S.I.P, Komandan Satrad 222 Letkol Lek Eka Yawendra Parama, S.SiT., M.I.Pol, Kepala Kejaksaan Negeri Kepala Kejaksaan Negeri Dr. Agus Candra S.H., M.H, dan Ketua Pengadilan Negeri Jombang Faizal Akbaruddin Taqwa S.H., L.L.M


Jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang berharap, seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Jombang dapat bersinergi, berkolaborasi menciptakan kondisi Kabupaten Jombang yang kondusif aman damai. (Gita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads