Breaking

Post Top Ad


4/15/2019

KOMPAK MUSPIKA DUDUKSAMPEYAN HADIRI SOSIALISASI GERMAS DI PUSKESMAS DUDUKSAMPEYAN

Gresik, pojokpudak.com

Berbagai upaya dalam rangka membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat telah dilakukan oleh dr. Titik Ernawati selaku Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Puskesmas Kecamatan Duduksampeyan.


Pada hari senin tanggal 15 April 2019 mulai Pukul 09.15 wib telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bertempat di Aula Aviance Lt.2 Puskesmas Duduksampeyan.


Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu Mars Puskesmas Duduksampeyan.


Yang menarik, adalah adanya penjelasan SOP (Standart Operational Procedure) atau Protap Puskesmas tentang tindakan penyelamatan diri semua peserta apabila sesewaktu terjadi bencana alam, baik gempa bumi maupun bahaya kebakaran gedung.


SOP tersebut diuraikan dengan peragaan layaknya pramugari dalam kabin, sesaat sebelum pesawat take off atau tinggal landas. 

Dalam sambutan pembukaannya dr Erna yang biasa disapa menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Muspika, para Kades, perangakat Desa, Bidan Desa, perwakilan dari organisasi Fatayat NU.


Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebuat adalah Wakhid, SKMm, M.Kes yang sehari harinya menjabat sebagai Kepala Seksi Promosi Kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan Kab. Gresik.


Dalam paparannya, Kasi Promkes tersebut menguraikan bahwa GERMAS adalah merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilaksanakan secara bersama sama, oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.


Lebih lanjut diuraikan bahwa aktivitas hidup kita sehari hari tersebut memang sudah selalu dilakukan, namun masih banyak, kalangan masyarakat yang kurang menyadarinya, sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan orang lain di sekitarnya.


Misalnya kebiasaan merokok di tempat umum, kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan lain sebagainya.


Dalam Germas tersebut diharapkan semua peserta bisa menjadi agen pembaharu atau menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk bisa membantu mengkampanyekan atau mensosialisasikan PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat.


Camat Duduksampeyan Suropadi, S.Pd, MM juga menyampaikan terim kasih atas prestasi prestasi yang sudah diraih oleh Puskesmas dibawah kepemimpinan dr. Erna.


 "Mohon ijin kami juga melaporkan bahwa semua kegiatan Lintas Sektoral selama ini selalu kami dukung. Tiga Pilar kompak bersatu," Tegas Suropadi yang disambut tepuk tangan seluruh peserta.


Senada dengan Camat, Kapten Inf Hendrik Tobin, SP, juga menyampaikan bahwa semua program selalu terpadu dengan program bidang Teritorial- nya TNI AD khususnya Koramil 0817/11 Duduksampeyan seperti Kerja bakti, KB Kesehatan, Bedah Rumah, Jambanisasi dan lain sebagainya.


 "Semuanya dapat dilakukan secara terpadu dengan koordinasi yang terus menerus di lapangan," ujarnya.


Sementara itu Wakapolsek Duduksampeya Iptu Solikin mengingatkan, peran semua pihak untuk mengawasi perilaku anak dan remaja yang pada akhir akhir ini menjadi viral, bukan karena prestasi tetapi lebih banyak viral, karena kasus seperti narkoba, penganiayaan sesama pelajar, minum miras, bolos sekolah dan lain sebagainya.


Solikin juga menghimbau, agar sama sama menjaga situasi yang kondusif di wilayah, terkait masa tenang Pemilu tahun 2019 ini.


"Kami juga menghimbau untuk saling mengingatkan tetangganya, agar bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri, dengan ikut menjaga keamanan dan keselamatan diri maupun harta bendanya masing masing, agar tidak mengalami kecelakaan lalu lintas, barang miliknya tidak dicuri atau kebakaran rumahnya saat ditinggal berangkat ke TPS utk pencoblosan pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 nanti."
Tuturnya. (Pen/Dyo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads