Breaking

Post Top Ad


5/05/2019

Menjelang Datangnya Bulan Suci, Menyempatkan Diri Untuk Berziarah Ke Makam

Gresik, pojokpudak.com


Banyak masyarakat yang melakukan sejumlah hal yang berkaitan dengan datangnya bulan suci Ramadhan.


Satu hari menjelang datangnya bulan suci ini semua makam , pekuburan, ramai dengan kedatangan para peziarah.





Namun jika hari-hari biasa area pemakaman sepi sunyi yang ada paling pemburu burung dan pencari rumput, yang nampak.


Sekarang beda meskipun dari luar kota, mereka menyempatkan diri untuk berziarah ke makam ayah, ibu, saudara, kakek atau buyut, mereka sebagai ritual yang harus di jalani ketika akan menjalankan ibadah puasa.



Terus terang karena bagi kami menjalankan ibadah puasa tanpa lebih dahulu berziarah kubur sepertinya kurang pas, sehingga dengan mengajak seluruh anggota keluarga datang ke makam.


 ” Ini sudah tradisi yang saya jalani, sehingga jika bulan puasa tiba kami sudah mempersiapakan diri untuk standby disini untuk memanjatkan doa,"


Sebetulnya sih banyak selain warga desa sini sendiri, mereka juga ada yang datang dari jauh untuk menunjukkan pada keluarga mereka keberadaan makam leluhur yang harus di do’akan seterusnya ”, ujar Diana, saat berada di Makam Umum. Minggu (5/5/2019) Pagi.


Masih Diana," Selain ziarah di makam

 Dilihat dari wajah-wajah peziarah banyak yang datang dari jauh selain membawa kembang dan air mawar, mereka juga mengajak anak dan istri mereka dalam satu rombongan.


Sesampainya di makam mereka tidak hanya berziarah di satu makam saja namun berpindah-pindah dari makam satu ke makam yang lainnya, selain itu pula merekapun bisa kangen-kangenan sesama saudara atau tetangga ketika sebelum mereka merantau.


Oleh karena mereka menganggap, jika berziarah ke makam orangtua, itu suatu ritual yang harus dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan nanti ketika Hari Raya tiba.


Oleh karena itu meskipun cukup jauh mereka menyempatkan diri untuk pulang menengok makam Keluarganya. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads