Breaking

Post Top Ad


5/04/2019

UNSUR JARING BABINSA IKUT PEMBINAAN TERITORIAL KORAMIL DUDUKSAMPEYAN

Gresik, pojokpudak.com

Sebagai bagian integral dari TNI maka TNI AD mempunyai tugas pokok sesuai dengan pasal 7 UU RI Nomor 34 tahun 2001 tentang TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.


Tugas pokok tersebut dilaksanakan dengan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang.


Salah satunya adalah dengan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).


Pelaksanaan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya di darat dilaksanakan oleh TNI AD melalui Pembinaan Teritorial (BINTER).


Unsur pelaksana Binter di tingkat Koramil adalah Bintara Pembina Desa atau yang biasa dikenal dengan sebutan Babinsa.


Pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2019 bertempat di aula Puskesmas Duduksampeyan Kab. Gresik telah dilakukan kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester I TA. 2019 yang dibuka oleh Kapten Inf Hendrikus MT, SP, selaku komandan Koramil 0817/11 Duduksampeyan.


Kegiatan dengan mengambil thema sesuai yang diturunkan oleh Pusterad maupun Kodam V/Brawijaya adalah Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial, TNI AD siap meningkatkan Temu Cepat dan Lapor Cepat Apkowil guna Mewujudkan Stabilitas Keamanan serta Ketahanan Wilayah NKRI.


Acara yang diikuti oleh sejumlah rekanan Babinsa - yang juga diistilahkan sebagai Mitra Jaring Babinsa - dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan kesatuan sikap maupun tindakan dalam perannya sebagai informan bagi kelancaran tugas pembinaan wilayah oleh Koramil 0817/11 Duduksampeyan.


Dalam pengantar pembukaannya Kapten Hendrik menguraikan tentang Binter TNI AD yang pada hakekatnya adalah merupakan upaya dan pekerjaan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat yang dilaksanakan sesuai kewenangan dan peraturan perundang -undangan yang berlaku.


Lebih jauh dijelaskan bahwa TNI AD menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dengan melalui 3 metode yaitu Bhakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah dan Komunikasi Sosial.


"Peran dan fungsi Bapak dan ibu sekalian sangat penting bagi Koramil Duduksampeyan. Jumlah Desa ada 23, idealnya harus dibina oleh 23 orang Babinsa maupun 23 orang Bhabin Kamtibmas dari Polsek agar wilayahnya betul betul aman dan kondusif," jelas Danramil.


"Namun kenyataannya berapa sih jumlah anggota Babinsa Koramil maupun anggota Polsek Duduksampeyan? Dihadapkan dengan berbagai tugas negara tersebut maka dibentuklah jaring jaring mitra kerjanya para Babinsa di setiap desa,"


 "Tugasnya adalah sebagai informan atau yang selalu memberikan informasi perkembangan situasi wilayah dibidang Ipoleksosbud Hankam,"


 Informasi tersebut sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan keterangan dalam upaya mengatasinya, jika itu menyangkut masalah yang mungkin akan timbul. Juga informasi informasi terkait langkah apa yang bisa diusulkan kepada pemerintah dalam membangun wilayah desanya.



Kegiatan yang dimulai sejak pkl. 08.00 wib tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.


Ketika diminta pendapatnya tentang penggunaan lokasi, dr. Titik Ernawati selaku Kepala UPT Puskesmas Duduksampeyan mengungkapkan bahwa koordinasi penggunaan aula Puskesmas untuk kegiatan Koramil sudah dilakukan jauh jauh hari sebelumnya.


 "Pak Ndanramil yang minta sendiri koq. Saya tanya ke Staf, memang hari ini jadwalnya kosong sehingga langsung ACC."
ujar bu dokter asal Cerme tersebut.


"Kami juga selalu bekerjasama dengan Koramil maupun Polsek dan Pak Camat. Alhamdulillah semuanya saling mendukung dan kompak bersatu."


Mengakhiri kegiatan tersebut, Danramil Duduksampeyan juga menghimbau, untuk semua tetap aktif menjaga suasana yang aman dan tertib.


"Tidak usah terprovokasi oleh siapapun juga. Pemilu 2019 sudah berhasil dilewati dengan aman dan lancar. Siapapun yang nanti diumumkan oleh KPU Pusat sebagai Presiden dan Wapres RI terpilih, kita hormati bersama."


 Kapten Hendrik juga menambahkan, " Kita wajib hukumnya untuk jaga suasana memasuki bulan puasa Ramadhan tahun 2019 ini agar dapat melaksanakan ibadah puasa hingga hari raya Idul Fitri nanti dengan semangat persaudaraan,"


Pada pukul 10.15 wib Acara diakhiri dengan laporan dari Batituud Koramil 0817/11 Peltu Teguh Arif kepada Danramil bahwa kegiatan telah selesai. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads