Breaking

Post Top Ad


6/24/2019

Wisuda Purna Siswa SMPN 1 Dukun. Kasek Daifi : Pagu Tahun Ini Terpenuhi Berkat Dukungan Semua Pihak Yang Terlibat

Gresik, pojokpudak.com

"Tempat boleh di kampung, namun semangat mengukir prestasi tetap nomor satu," Itulah sepenggal kalimat yang dilontarkan H. Daifi S.Pd., M.Pd. Kepala sekolah SMPN 1 Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur saat sambutan wisuda pelepasan siswa. Pada Sabtu (23/06) Pagi, sekolah yang kini menjadi sekolah favorit di Kecamatan Dukun tersebut menggelar wisuda purna siswa ke-34 kelas IX tahun ajaran 2018-2019. 


Bertempat di halaman sekolah, sebanyak 120 siswa kelas IX yang dinyatakan lulus di wisuda dan disaksikan oleh Muspika Dukun, Ketua K3S, Komite, wali siswa, Kepala Sekolah SMA, Kasek MI, Dewan guru serta wali siswa. 


Wisuda yang ke-34 itupun berjalan lancar sesuai jadwal. 


Mulai dari pembukaan acara yang diselingi hiburan karya siswa berupa performance band, paduan suara, acara inti yakni prosesi wisuda, sambutan yang di isi ketua panitia, kepala sekolah dan komite, seni drama, pemberian penghargaan siswa berprestasi yang kemudian ditutup dengan Do'a. 


Dalam sambutannya, Kepala Sekolah H. Daifi S.Pd., M.Pd mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja maksimal mensukseskan acara ini. 


Begitu juga dengan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. 


Disamping itu, dengan bangga dia mengucapkan selamat kepada siswa yang lulus semua. 


Dia berpesan bagi siswa berprestasi untuk tetap mempertahankan prestasinya, nagi siswa yang prestasinya sedang-sedang untuk ditingkatkan dan bagi yang belum jangan putus asa, tetap semangat. 


Ia juga berharap siswa yang lulus melanjutkan pendidikannya. 


" Lanjutkan sekolah dimanapun. Jangan ada alasan kalian tidak sekolah," Katanya. 


Selain memotivasi para lulusan. Daifi juga bercerita tentang semangatnya bersama dewan guru meningkatkan sekolah ini diberbagai bidang selama dua tahun terakhir sejak dirinya pertama kali menjadi kasek di sekolah ini. 


Dia bercerita, pada tahun lalu sebelum dirinya bertugas di SMPN ini, jumlah pendaftar siswa baru belum memenuhi target pagu atau lebih cenderung stagnan dikisaran 120 siswa. 


Seharusnya pagu itu terpenuhi jika ada 160 siswa baru. Setelah itu, ketika mendapat amanah memimpin sekolah ini, Daifi bersama dewan guru langsung melakukan evaluasi. 


Kemudian, dia turun langsung ke lapangan, ke lembaga pendidikan SD, ke desa-desa yang tujuannya selain silaturohmi, juga bekerja sama dengan stake holder yang ada guna mencari solusi masalah sekolah. 


Pada tahun selanjutnya. Usaha itu sedikit membuahkan hasil, ketika PPDB dibuka, Total pendaftar yang masuk bertambah menjadi 144 siswa. 


Itu artinya ada 24 tambahan siswa dibanding tahun lalu. 



Dari situlah, pihaknya semakin bersemangat meningkatkan jumlah siswa. 


Caranya yaitu dengan mengadakan lomba-lomba seperti , lomba futsal dan lomba voly , Try out USBN SD/MI serta jalan sehat untuk pelajar dan masyarakat umum.


Dan pada PPDB tahun ini, SMPN 1 Dukun mencetak " sejarah baru". 160 siswa terpenuhi. Bahkan, total ada sebanyak 172 pendaftar ingin masuk sekolah ini. 


Itu melebihi target yang ditentukan sehingga ada 12 pendaftar yang belum bisa diterima di sekolah ini.


Keberhasilan ini tentunya berkat dukungan dan kekompakan semua pihak yang terlibat. 


" Pagu tahun ini telah terpenuhi berkat dukungan semua pihak yang terlibat," ungkapnya. 


Kasek juga menambahkan " peroleh nilai ujian nasional siswa terus meningkat. Kami juga menerima siswa inklusi atau anak berkebutuhan khusus. 


Fasilitas sekolah juga meningkat. Seperti ada tambahan laptop sehingga UNBK berikutnya kita bisa dua sesi. 


Fasilitas lainnya seperti toilet semakin meningkat, juga  dilengkapi cctv untuk keamanan sekolah.

Dan awal juli ini ada pembangunan ruang guru, ruang kelas dan ruang lab. 


Tahun ajaran baru nanti, absensi siswa pakai fingerprint. Selain itu, Tahun 2018 kemarin sekolah ini mendapat penghargaan Adiwiyata. kami bisa seperti ini berkat dukungan bapak ibu semua," ujarnya. (Dyo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads