Breaking

Post Top Ad


8/18/2019

Dengan Jiwa Gotongroyong, Siap Ke Istana Negara Sebagai 10 Besar

Gresik, pojokpudak.com

Sejak Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Dalam Negeri sepakat menggelar festival, kompetisi unjuk kreativitas bertajuk 'Festival Gapura Cinta Negeri', di mulai tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus 2019.


Mengetahui hal ini, Camat Balongpanggang M. Jusuf Ansyori tak tinggal diam, langsung mengajak masyarakat untuk mempercantik gapura, agar mengikuti," Festival Gapura Cinta Negeri,"



Sebenarnya di Kecamatan Balongpanggang ini kami sudah mengirimkan  tiga gapura, diantaranya gapura Desa Dohoagung, Karangsemanding dan Desa Brangkal. Katanya Minggu (18/8/2019) pagi.



Dalam rangka mempersiapkan diri menjelang penilaian lomba, warga masyarakat Desa Dohoagung Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, melakukan berbagai persiapan. Diantaranya menghiasi semarak merah putih gapuranya.


Gapura sepanjang 7 meter dengan tinggi 5 meter di buat dari besi yang dihiasi berbagai pernik-pernik untuk mempercantiknya, maka tidak heran berkibaran berderah merah putih disekelilingnya.


Jusuf Ansyori menceritakan," Gapura ini dibuat sebagai  pintu gerbang masuk warga yang akan menuju ke Desa.


Dalam bidang arsitektur gapura  bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. Secara hirarki sebuah gapura bisa disebut sebagai ikon karena gapura itu sendiri lebih sering menjadi komponen pertama yang dilihat ketika kita memasuki suatu wilayah.


"Ketika warga akan masuk ke Desa, maka ia akan segera melihat sebagai sarana pintu gerbang," Terangnya.


Terlihat dari antusias warga setempat bergotongroyong mempercantik Gapura yang bertuliskan HUT RI Ke-74, dan memasang umbul umbul serta bendera merah putih.


Tidak hanya Gapura di sepanjang jalan perkampungan Desa Dohoagung, dihiasi dengan pernak-pernik nuansa Perayaan HUT RI, yang dilakukan dengan penuh suka cita.


Dari remaja dan pemuda sangat antusias mengerjakannya. Bagi kami, tidak hanya nilai seni yang didapat, akan tetapi ada kebersamaan dan kekompakan antar warga.


Masih Jusuf Ansyori," Dengan semangat HUT Proklamasi 17 Agustus 2019, kita tingkatkan kerjasama dan kegotongroyongan masyarakat dalam membangun desa dengan terwujudnya dan keikutsertaan dalam lomba gapura cinta negeri yang di adakan oleh Kepmendagri.



Semoga bisa masuk ke Istana negara sebagai 10 besar terbaik ... Aamiin YRA. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads