Breaking

Post Top Ad

5/16/2020

Harga Mati Masuk Pasar Pakai Masker

Gresik, pojokpudak.com

Guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19, untuk itu Pemerintahan Desa Balongpanggang (Pemdes) Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, giat penertiban operasi pasar tradisional Balongpanggang.


Dalam penertipan tersebut Pemdes terapkan harga mati masuk pasar pakai masker dan Standar Operasional Prosedur (SOP), dan membuat kebijakan baru di pasar tradisional Balongpanggang.


Seluruh pedagang dan pengunjung yang ingin masuk area pasar, diwajibkan untuk menggunakan masker, cuci tangan dan diukur suhu tubuh


Saat ditemui Kepala Desa Balongpanggang Agus Saputro yang akrab dipanggil (Ciput) mengatakan," Sejak Kabupaten Gresik ditetapkan sebagai zona merah dan (PSBB), untuk itu kami menerapkan dipasar tradisional Balongpanggang  SOP, bagi masyarakat dan komunitas yang akan masuk ke pasar-pasar tradisional," katanya. Sabtu (16/5/2020) pagi.


Bagi para pedagang, kata Ciput, tidak hanya memakai masker mereka diminta untuk mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya yang sudah kami sediakan. Dan kami juga bersama pemerintah desa melalukan penyemprotan disinfektan di sekitar pasar, Fasisilitas Umum, Pemukiman.


" Kegiatan ini terus berkelanjutan, hingga hari raya idul fitri," Terangnya.


Selama masa pandemi COVID-19 ini, baik pedagang, pengunjung, maupun parkir, diwajibkan untuk menggunakan masker. Kami sudah terapkan SOP ini di pasar-pasar tradisional," ungkapnya kembali.


Hingga saat ini kami bersama Pemdes Balongpanggang terus melakukan edukasi kepada komunitas pasar, agar mereka bisa terhindar dari virus COVID-19.



"Kami imbau terus-menerus. Pedagang di pasar tradisional  Balongpanggang untuk melaksanakan SOP ini," ujar Ciput.



Dia juga mengingatkan agar mereka yang sakit, dan mengalami gejala COVID-19 untuk tidak mengunjungi pasar, dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (Puskesmas) terdekat.


Perlu diketahui Pemdes Balongpanggang, di pasar kami juga meyediakan tempat cuci tangan yang ada disetiap pintu, himbauan melalui bener dan setiap hari petugas pasar berkeliling dengan mengunakan pengeras suara untuk membrikan himbauan," tambahnya.


Tempat terpisah Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori mengatakan," tentu saja kami sangag mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Pemdes Balongpanggang, dalam kegiatan penertiban pasar. Karena mengingat pasar tersebut dipenuhi oleh banyak orang, kalau kita tidak jeli kita akan fatal nantinya,"


Masih Jusuf Ansyori, Dengan adanya operasi pasar diharapkan masyarakat mematuhi protokoler Covid 19 di tempat umum seperti pasar yaitu 1. Harus memakai masker. 2. Cuci tangan pakai sabun sebelum masuk pasar 3. Jaga jarak / Phisical distancing 4. Segera meninggalkan pasar selesai berbelanja. Untuk pedagang selain diatas harus menjaga kebersihan lingkungan dan jangan bergerombol.


Harapan saya adalah agar perekonomian masyarakat tetap berjalan dan waspada terhadap penyebaran Virus Corona 19, sehingga masyarakat yang berbelanja dan pedagang tetap sehat. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads