Breaking

Post Top Ad

7/03/2020

Kampung Tangguh Semeru Desa Katimoho Dilaunching

Gresik, pojokpudak.com


Kampung Tangguh Semeru yang jadi gagasan Polda Jawa Timur untuk mewujudkan agar warga di setiap desa bisa terhindar dari pandemi Covid-19. 


Terlihat beberapa desa yang ada di Kabupaten Gresik sangat antusias gotong royong mewujudkan Desa tangguh tersebut. Salah satunya Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Akhirnya resmi dilaunching. Jumat (3/7/2020).


Launching berlangsung di Balai Dusun Dukuh Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik tersebut ditandai dengan pelepasan balon oleh Kapolres Gresik. AKBP Arif Fitrianto.



Turut hadir dalam peresmian kampung tangguh semeru di Desa Katomoho tersebut Kapolres Gresik, AKBP Arif Fitrianto, Komandan Kodim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S,Sos. dan Koramil Kedamean 0817/03 Kapten Inf Pariono, Kapolsek Kedamean AKP Suparmin, SH. Camat Kedamean Arifin, SE dan sejumlah tokoh dari unsur Forkopimca serta para Kepala Desa sekecamatan Kedamean.


Peresmian Kampung Tangguh Semeru Desa Katimoho  ini diawali dengan peninjauan ke Posko Dapur umum Ruang Isolasi Ruang Kesehatan Lumbung Pangan. Dimana dalam Lumbung Pangan ini terdapat beberapa stok barang pangan.


Pelaksanaan peresmian Kampung Tangguh Semeru di Desa Katimoho  ini tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun, memakai masker, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik.


Komandan Kodim Gresik/0817 Letkol Inf Budi Handoko, S,Sos. mengungkapkan Desa Katimoho ini merupakan Kampung Tangguh COVID-19 yang ada di wilayah Kecamatan Kedamean.


“Apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Katimoho dalam mengantisipasi mewabahnya COVID-19 mulai dari ketahanan pangan, ketahanan kesehatan hingga karantina desa secara mandiri,” ungkapnya.


Menurut Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos kegiatan-kegiatan tersebut merupakan suatu program untuk mendukung upaya dari Pemerintah Kabupaten Gresik, khususnya dalam memutus mata rantai COVID-19 di wilayah Kecamatan Kedamean. Kegiatan ini harus terus dilakukan dalam masa pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda.


“Program Kampung Tangguh ini dilaksanakan atas dasar kerja ikhlas seluruh warga masyarakat. Tanpa adanya dukungan seluruh masyarakat, maka pemerintah tidak akan berhasil dalam menekan penyebaran COVID-19," tegasnya.


Sementara itu," Kepala Desa Katimoho Rini, S,Pd menyatakan, dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini, pihaknya bersama tim mendata setiap pendatang yang akan memasuki. Juga diberlakukan pula persyaratan harus lolos screening kesehatan.


Desa Katimoho juga menyediakan kelengkapan fasilitas ruang isolasi, dapur umum serta lumbung pangan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi ini. Kepala Desa Katimoho Riri S,Pd tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Forkopimcam Babinsa, Kamtibmas, Bidan Desa, serta masyarakat dalam bentuk dukungannya terhadap Kampung Tangguh Semeru ini.


Rini, S,Pd menambahkan, Kampung Tangguh Semeru merupakan program unggulan Polda Jawa Timur. Tujuannya, untuk membentuk desa tangguh melawan pandemi Covid-19. Harapannya, masyarakat desa tetap sehat terbebas dari Pandemi Covid-19. Tambahnya. (Ura/Dyo.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads