Breaking

Post Top Ad


8/18/2020

Kodim 0817/Gresik Gelar Komsos, Cegah Tangkal Radikalisme / Separatisme, TW III TA 2020

Gresik, pojokpudak.com


Bertempat di Aula Brigjen TNI Rahmatullah Makodim 0817/Gresik, telah dilaksanakan kegiatan pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos)  Cegah Tangkal Radikalisme / Separatisme Kodim 0817/Gresik TW III TA 2020. Dengan Thema " MERAWAT KEBHINNEKAAN UNTUK TANGKAL RADIKALISME ATAU SEPARATISME DALAM BINGKAI NKRI, " dengan diikuti sebanyak 60 Orang yang dibagi menjadi 2 Season, Selasa (18/8/2020) Pagi. 


Dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, kegiatan dibuka oleh Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I Pol. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman Khususnya kepada para pelajar, Mahasiswa, Toga, Tomas dan Todat untuk mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme dan separatisme bagi segenap komponen bangsa, agar terbentuknya komponen bangsa yang berkepribadian dan berjiwa Bhinneka Tunggal Ika, guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. 


Radikalisme adalah konsep atau sikap jiwa dalam mengusung perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan memutar balikkan nilai-nilai yang ada secara drastis Iewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrem. 


Sementara Separatisme sendiri adalah suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan diri dari wilayah suatu negara yang muncul, karena alasan ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah, kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya maupun yang lain. 


Akhir-akhir ini di Indonesia banyak muncul gerakan-gerakan yang terindikasi paham Radikal dan Separatisme, jika tidak dicermati dan diantisipasi secara dini, maka bisa menjadi ancaman potensial bagi kondusifitas dan stabilitas NKRI. 


Komandan Kodim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I Pol, juga menyampaikan bahwa dengan mengundang dan mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat dan juga unsur terkait dalam kegiatan Komsos cegah dan tangkal radikalisme dan separatisme di Kodim 0817/Gresik, diharapkan bisa memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat sekitar, tentang bahayanya pengaruh radikalisme dan separatisme terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sama-sama kita cintai. 


Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I Pol berpesan bahwa kegiatan pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme atau Separatisme Kodim 0817 Triwulan III TA. 2020, kita laksanakan kali ini, tetep masih bersamaan dengan Pandemi Covid-19 yang menyebar di berbagai daerah, tidak terkecuali wilayah Kabupaten Gresik. Komponen bangsa sebagai garda terdepan, menjadi contoh kepada masyarakat untuk mengikuti sekaligus mematuhi anjuran yang telah disampaikan pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, untuk tetap menjaga Jarak (Social Distancing), pakai masker, hindari kerumunan atau keramaian, menjaga kebersihan selalu cuci tangan menggunakan sabun, kalau tidak penting sekali kita tidak keluar rumah, dan apabila kita merasa sakit, segera melapor kepada petugas kesehatan, Puskesmas terdekat sehingga bisa segera dapat diantisipasi. Serta jangan mudah percaya akan berita hoax tentang Corona -19, yang disampaikan akhir-akhir ini tanpa kebenaran oleh orang tidak bertanggung jawab. 


Peserta juga dibekali materi yang disamapaikan oleh beberapa narasumber antara lain Materi Wawasan Keagamaan oleh Staf Kantor Kementerian Agama Kabupateb Gresik Imam Khanafi, Materi Kewirausahaan Bid kontruksi bangunan oleh Kasi Wasren Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik Ruli Budiman, Materi Pengetahuan tentang Protokol Covid-19 oleh dokter Imama Khalis Nur Arifah Poskes 05.10 11 Gresik Materi Wawasan kebangsaan tentang NKRI oleh Danramil 01 Driyorejo Kapten Arh M. Nurul Qomar. 


Sebelum kegiatan selesai Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I Pol juga memberikan Souvenir kepada perwakilan undangan sebagai bentuk tali Silaturahmi antara Kodim 0817/Gresik dengan seluruh Komponen Masyarakat. Tambahnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads