Breaking

Post Top Ad


9/17/2020

Sedekah Bumi, Dusun Pranti Desa Pranti Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Gresik, pojokpudak.com

Untuk menggungkapkan rasa syukur atas nikmat yang ada bisa di tunjukan dengan berbagai cara.

Bagi masyarakat jawa yang masih sangat kental dengan tradisi dan budayanya, mereka juga memililki cara tersendiri atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT, salah satunya adalah, Warga Dusun Pranti Desa Pranti Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Kamis (17/09/2020).

Berlangsung menggelar sedekah bumi atau yang biasa di sebut dengan "Tegal Deso". acara tradisi sedekah bumi ini, berlangsung di laksanakan di, Balai Dusun Pranti.


Dalam acara, Sedekah bumi ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ekstra ketat, Memakai masker dan menyediakan air untuk cuci tangan pakai sabun, menyediakan handsanitizer, dan menerapkan physical distancing.


Sedekah Bumi ini, dihadiri oleh, Kepala Desa, Hardi, Sekdes, Suhartono, Ketua, BPD, LKMD, Kepala Dusun pranti, David, Ketua Panitia Sedekah Bumi, Edi, RT/RW, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.


Kegiatan Sedekah Bumi ini di isi diantaranya," Istigozah, ( Do,a) bersama, Arak - Arakan Kereta kencana, Reog Kreasi Warga Dusun Pranti sendiri, keliling Dusun Pranti  dalam puncak acara hiburan Campursari dari Kabupaten Gresik.


Acara Sedekah Bumi di Dusun Pranti Desa Pranti ini, Berlangsung sangat meriah sekali dan tidak seperti sedekah bumi pada tahun - tahun sebelumnya, disamping masyarakatnya yang selalu guyub rukun bersatu padu, menandakan adanya kekompakan dan koordinasi yang baik antara pemdes dan, unsur perangkat Desa, Lembaga Desa dan seluruh lapisan elemen masyarakat baik dari tokoh masyarakat, maupun tokoh agama juga warga, Semua terlihat begitu antusias mengikuti serangkaian acara tersebut.


Sementara itu", Kepala Desa Pranti, Hardi menggatakan", Sedekah Bumi ini kita laksanakan karena demi tidak mengurangi rasa syukur kami kepada yang maha kuasa.


Di sisi lain kami juga ingin menguatkan rasa kebersamaan dan kerukunan bagi seluruh warga sehingga warga, Dusun Pranti ini tetap saling menghormati dengan sesama yang lainnya sehingga bisa bersatu dan guyup rukun supaya masyarakat Dusun Pranti Desa Pranti ini sehingga menjadi lebih baik dan maju.

Karena itu Sedekah Bumi ini kami jadikan agenda tahunan, Karena acara ini merupakan warisan leluhur yang perlu kita lestarikan," Demi menjaga keutuhan dan kebersamaan di antara warga. Ujarnya.


Masih", Kepala Desa Pranti, Hardi,  mengajak, Seluruh masyarakat agar menjaga kerukunan kebersamaan dan kekompakan, Karena dengan kompak masyarakat akan tambah berdaya sehingga bisa bersatuan juga bersinergi dengan.


Pemerintahan Desa itulah untuk Desa yang maju aman dan sejahtera, Kedepan, Insya Allah akan lebih maju lagi, Semoga nantiknya, Dusun Pranti Desa Pranti selalu mendapatkan Hidayah dari Allah S W T dan masyarakat selalu di berikan keselamatan, di jauhkan dari segala malapetaka maupun musibah dan bagi para petani di berikan panen melimpah ruah, Sehingga Dusun Pranti Desa Pranti ini, menjadi Desa yang BALDHATUN THOYIBATUN WAROBHUN GHOFUR gemah ripah lohjinawi," kami mewakili seluruh perangkat dan lembaga Desa mengucapkan terima kasih yang sebanyak - banyaknya.


Kepada seluruh masyarakat Dusun Pranti ini dan juga seluruh warga, RT masing- masing yang turut serta berpartisipasi Arak - Arakan  pada acara sedekah bumi ini, Mudah -mudahan rasa persatuan dan kesatuan seperti ini selalu terbina dan terjaga pada kehidupan kita sehari hari," harapan Kades Hardi yang Murah seyum ini. Pungkasnya (Ura)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads