Breaking

Post Top Ad


2/21/2021

Generasi Z dan Alfa Harus Punya 9 Skill Super, Apa Saja?

Gresik, pojokpudak.com


Dalam menghadapi tantangan di zaman serba teknologi seperti saat ini, enerasi Z dan Alfa harus mempersiapkan diri. Bahkan, ada 9 skkil yang harus diperhatikan agar anak-anak bisa menguasai dunia di masa mendatang.


Untuk mempersiapkan generasi unggul, SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik menggelar Webinar dengan narasumber Kak Shela, seorang Trainer Fun Learning. Kegiatan bertajuk  Be The Real Champions ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6.


Dalam kesempatan itu, Kak Shela memaparkan jika generasi Z merupakan sebutan seseorang kelahiran tahun 1995-2010. Sedangkan kelahiran tahun 2010- sekarang masuk dalam generasi Alfa. 


Tantangan zaman teknologi yang serba canggih, dunia big data harus disiapkam sejak dini. Dikatakan, Shela ada 9 skill yang harus dipersiapkan sebab bakal dibutuhkan perusahaan dan dunia kerja masa depan.


"Sembilan skill itu diantaranya, kecerdasan sosial, sense making (kepekaan), kolaborasi virtual, kemahiran digital, personal branding, mengelola socsmed, siap menghadapi perubahan, kecerdasan budaya dan keberagaman, kepemimpinan serta Ilinovasi dan kreatifitas," katanya, Sabtu (20/2/2021).


Shela memaparkan, untuk meraih skill tersebut sedikitnya ada tiga cara yang bisa dipraktikkan generasi saat ini seperti unggul moral dan spiritualnya, menguasai ilmu pengetahuan serta punya peran sosial yang baik di lingkungannya.


"Moral harus diutamakan karena Rasulullah diutus pada ummatnya untuk menyempurnakan akhlaq atau moral. Anak-anak ibarat tanaman subur. Tanaman subur itu memiliki tanah dan lahan yang subur," terangnya menambahkan.


Trainer Fun Learning berkompeten ini menjelaskan, Anak anak pemenang itu berada di tempat atau lingkungan yang baik. Dia memgibaratkan, sebuah tanaman subur juga memiliki nutrisi yang cukup dan berimbang sehingga tidak mudah kena hama. 


Anak pemenang, dikatakan dia juga demikian, harus terpenuhi nutrisinya agar tidak mudah sakit, sehat jasmani. Jika lingkungannya baik, asupannya baik, maka anak itu akan tumbuh menjadi generasi yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. 


"Begitulah layaknya tanaman subur, bila medianya subur, nutrisinya cukup, tidak terserang hama, maka dapat berbuah, umbi besar, dau segar, batang kuat, yang semuanya bisa dimanfaatkan secara maksimal," ungkap dia.


Sementara itu, salah satu siswa Kelas 6 SD Mugeb, Carissa mengatakan jika kegiatan yang dilakukan ini sangat baik untuk melakukan pengembangan diri.


"Kegiatan bertajuk Friday Boarding School ini program pengembangan diri yang berisi pemantapan materi, pendampingan pembiasaan Al-Islam," ungkap dia.


Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pemberian motivasi kepada siswa kelas  akhir untuk persiapan sebelum ujian. Dalam kegiatan ini pula terdapat materi terkait, skill apa saja yang perlu disiapkan Generasi Z dan Alfa agar menguasai dunia di masa mendatang. (Nif/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads