Breaking

Post Top Ad

3/18/2021

BABINSA SIDAYU TURUT MENDAMPINGI DALAM KEGIATAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN

Gresik, pojokpudak.com


Bertempat di Persawahan desa Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik telah dilaksanakan "Gerakan Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) Padi Reguler, dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan kepada para petani agar tanaman padinya tidak terserang oleh Hama yang dapat merugikan para petani. Pada Rabu(17/3/2021).


Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) adalah hewan atau tumbuhan baik berukuran mikro ataupun makro yang mengganggu, menghambat, bahkan mematikan tanaman yang dibudidayakan. Berdasarkan jenis seranganya OPT dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu hama, vektor penyakit, dan gulma. Sedangkan Hama terdapat beberapa jenis, diantaranya adalah insekta (serangga), moluska (bekicot, keong), rodenta (tikus), Serangan hama sangat terlihat dan dapat memberikan kerugian yang besar apabila terjadi secara massive. Namun serangan hama umumnya tidak memberikan efek menular, terkecuali apabila hama tersebut sebagai vektor suatu penyakit.


Maka dari itu Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya penyuluhan pertanian, pembagian pestisida, serta dilakukan penyemprotan agar terhindar dari hama yang dapat meyerang padi.


Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Salah satu Babinsa dari Koramil 0817/12 (Serda A Zainul) untuk mendampingi pelaksanaan kegiatan bersama dengan petugas dari POPT serta petugas dari BPP dalam memberikan penyuluhan kepada para warga Desa Wadeng, kesempatan tersebut oleh Serda A. Zainul juga digunakannya untuk berkomunikasi bersama masyarakat yang dalam kesehariannya sebagai seorang petani. Agar dalam aktifitas apapun tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Dan dalam kesehariannya ketika bertani tetap menggunakan masker dan menjaga jarak untuk tidak bergerombol.


Serda A Zainul menuturkan “Sengaja saya hadir disini selain untuk berkomunikasi bersama masyarakat , saya juga ingin tau bagaimana mekanisme ataupun yang akan diajarkan dalam penyuluhan kepada para petani, jadi selain saya memberikan himbauan terkait Protokol Kesehatan saya juga bisa mendapatkan ilmu dibidang pertanian.”pungkasnya. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads