Breaking

Post Top Ad

5/17/2021

Berbekal Semangat Istri, Sugianto, SE Sukses Ternak Kambing

Gresik, pojokpudak.com


Sugianto, SE seorang pria Alumnus Universitas Wijaya Putra (UWP) yang mempunyai istri Ningsih, yang diberi momongan dua anak, sukses beternak kambing Gibas kiloan. Kata Sugianto saat berada dikediamannya di Dusun Mojolebak Desa Mojogede Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik.



Sugianto yang dibantu istri tercinta, mengurus peternakan kambing miliknya. Mulai dari membeli bibit kambing yang akan digemukkan hingga memberi pakan dan minum.


Saat dikandang kambing Sugianto, Senin (17/5/2021) pagi bercerita, semula hanya memiliki beberapa ekor kambing awalnya. Itu semula hanya iseng, kebetulan anak saya minta. Dari situ keuntungan menjual kambing lalu digunakan untuk membeli kambing kiloan lagi.


Dan akhirnya, saya membikin kandang, dengan sistim penyekatan, satu kotak kandang saya isi 6-7 kambing. Alhamdulillah sekarang ada sekitar 35 ekor kambing.



Disini kami hanya penggemukan. Sugianto membeli kambing yang beratnya kurang lebih 15Kg. Untuk membesarkan membutuhkan waktu tiga bulan hingga beratnya mencapai 30Kg. Dan kalau dijual harganya sekitar 50ribu perkilo. Terangnya.


Ayah dua anak ini bisa membeli rumah, kebun dan mobil. ”Alhamdulillah kehidupan kami sekarang lebih dari cukup,” kata pria yang murah senyum.


Meski telah menuai sukses, Sugianto mengaku belum sepenuhnya puas. Cita-citanya adalah terus menambah jumlah kambingnya agar usahanya semakin maju. 


Situasi seperti itu, menurut Sugianto, peternak harus dituntut kreativitas. Salah satunya dimana kita harus bisa memanfaatkan kotoran kambing kemudian diolah lagi menjadi pupuk. Kalau kita tidak memanfaatkan sesuatu, ya tidak akan maju-maju. Petani atau peternak seperti kebanyakan tidak akan bisa menikmati jerih payahnya, untuk itu perlu adanya keterkaitan dalam menjalankan bisnis,” Tegas Sugianto. (Dyo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads