Breaking

Post Top Ad

6/10/2021

Ki Wongso Berkunjung Ke Punden Nyai Pandansari Sebelum Pelaksanaan Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Meskipun jadwal sebagai anggota Dewan padat, namun Anggota DPRD Gresik dari Fraksi Golkar Wongso Negoro atau yang akrab dipanggil Ki Wongso masih sempat mengunjungi Punden Nyai Pandansari di Dusun Banyuurip Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Rabu (9/6/2021) siang. 


Kedatangan Ki Wongso ke punden tersebut ialah ingin melihat langsung persiapan acara sedekah bumi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 

Saat dikonfirmasi, dirinya mengatakan tujuan ia berkunjung ke punden ialah untuk menerawang mencoba berkomunikasi dengan mahluk penunggu punden sebelum pelaksanaan sedekah bumi. " Dia mencoba berkomunikasi dengan penunggu punden, mencoba menerawang, permintaan (Cokbakal) kinangan jangkep, dan dupa.

Apa yang dilihat mengenai Nyai Pandansari. Wongso mengatakan bahwa dia (Nyai Pandansari) dengan wujud orang tua dan pakai temben. Dan apa yang disampaikan oleh Ki Wongso sama persis mimpi Kepala Dusun Banyuurip Rudi.


Setelah berkomunikasi dengan penunggu punden. Ki Wongso kemudian menyampaikan permintaan penunggu punden tersebut kepada pihak panitia mengenai apa saja yang diminta penunggu itu, ketika pihak desa ingin menggelar sedekah bumi. Ki Wongso juga memberi arahan kepada panitia pelaksana agar pelaksanaan sedekah bumi berjalan lancar. 


Masih Wongso, Dengan adanya sumur yang berada di sebelah punden Nyai Pandansari yang semula besar, namun sekarang menyempit karena besarnya akar pohon punden Nyai Pandansari, sehingga sumur semakin menyempit. Dari terawangan tersebut sumur bisa digeser ke tempat asal mulanya. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads