Breaking

Post Top Ad

7/15/2021

Siswa Baru Harus Bisa Adaptasi, Ini Strategi SD Berlian School

Gresik, pojokpudak.com


Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, adaptasi yang dilakukan siswa baru tentu berbeda dengan tatap muka biasa. Namun, agar bisa cepat beradaptasi maka harus mempunyai strategi. Apa saja?.


Education Officer UNICEF Surabaya, Yuanita Marini Nagel saat mengisi materi MPLS di SDM 2 GKB Gresik (Berlian School)  menjelaskan terdapat tujuh tantangan anak Indonesia selama masa pandemi.


Diungkapkan dia, siswa baru tidak bisa bertemu dengan teman-teman serta proses belajar tidak maksimal serta tidak mengenal teman sekelasnya. Kemudian anak-anak tidak bisa beraktivitas atau melakukan kegiatan seperti yang biasa dilakukan.


"Beberapa anak mengalami kekerasan dan tidak mendapat pertolongan, putus sekolah, dan Kesehatan mental," katanya melalui siaran virtual, Kamis (15/7/2021).


Yuanita mengungkapkan sejumlah tantangan itu harus diselesaikan sehingga anak-anak bisa beradaptasi dengan era daring dengan bagus. 


Tips pertama adalah membuat jadwal rutinitas dengan memastikan waktu online dan offline yang seimbang. Komunikasi tetap bangun relasi dengan teman, sahabat, guru, dan pihak lain yang dapat dipercaya.


"Kemudian jadwalkan dengan guru waktu untuk bercerita tentang isu di luar mata pelajaran, online yang aman, Kegiatan olahraga juga penting," tambahnya 


Diterangkan Yuanita, mengelola perasaan tidak nyaman untuk mem-booster kesehatan mental saat pandemi sangatlah diperlukan. Semua perasaan adalah normal baik sedih, kesel, bahagia, marah. 


"Tetapi kita juga harus melihat kapan kita perlu bantuan? Tidak normal jika merasa satu perasaan dan berjalan berhari-hari. Maka harus didiskusikan dengan orang tua atau guru untuk mencari penyebabnya," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua panitia MPLS, Wafiq Amiqoh mengatakan dikenal sebagai sekolah sehat nasional, lembaganya bekerjasama dengan UNICEF program reopening school. 


Hal ini, dikatakan Wafiq sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan serta menjaga kesehatan mental para siswa.


“Anak harus siap beradaptasi dan bangkit jadi lebih baik meskipun kondisi darurat Covid-19 seperti saat ini," katanya.


Kepala SD Berlian, Fauzuddin Ahmad menyatakan bahwa setiap anak mendapatkan haknya untuk berprestasi dan mengembangkan diri untuk itu bekerja sekolah bekerjasama dengan UNICEF. 


Keseruan di hari itu dilanjutkan dengan Launching Gerakan 1.000 masker oleh Ikatan Wali Murid dengan penyerahan masker secara simbolis kepada kepala sekolah sebagai ikhtiar bersama saling menjaga.


"Kegiatan wajib setiap pagi bagi semua siswa adalah Tarjim Kids dengan gerakan surat Al Fatihah yang dipandu ustadzah kami," tutup dia. Hal ini merupakan tips adaptasi siswa baru dalam situasi pandemi Covid-19. (Nif/Day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads